bagaimana cara mengembalikan file yang telah terhapus ?

Mengembalikan File terhapus atau ter-format dengan mudah adalah salah satu judul yang akan wd-kira pakai untuk postingan kali ini. karena disini Wd-kira akan membahas tentang bagaimana cara mengembalikan data atau file yang terhapus dengan daengan sangat mudah. Kasus file terhapus pada komputer adalah hal yang sudah tidak jarang terjadi pada keseharian kita sebagai pengguna komputer atau laptop. Dengan banyaknya sahabat wd-kira yang bertanya tentang bagaimana caranya membuat data kita yang telah lenyap terhapus karena kesalahan kita dalam mengoperasikan komputer, membuat admin wd-kira berniat untuk menulis sebuah posting yang berjudul Kembalikan file terhapus dengan mudah.

Sobat Wd-Kira tidak perlu hawatir jika kalian mengalami masalah ini, karena masih ada harapan untuk kembalinya data atau file penting yang sobat wd-kira miliki. caranya sangat mudah kok, kalian juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk hal ini. sobat hanya perlu koneksi internet untuk melakukan download software recovery. Software recovery adalah software yang berguna untuk mengembalikan data yang terhapus, baik sengaja atau tidak. Dengan adanya aplikasi Recovery secara teknis akan memudahkan kita untuk mendapatkan data yang terhapus. Sebenarnya banyak kok software yang berguna untuk mengembalikan file terhapus, ter-format atau yang lainya. Salah satu software yang berguna untuk mengembalikan data yang hilang karena terhapus atau ter-format adalah Recuva. Recuva adalah sebuah software Gratis yang berguna untuk mengembalikan Data Sobat yang hilang karena terhapus atau kena format.

Software Recuva memiliki tampilan yang sangat sederhana kok, namun memiliki Icon-Icon yaang tidak membingungkan kita. Bahkan Wd-kira sendiri merasa mudah dalam menggunakan aplikasi ini, padahal disini wd-kira juga masih sebagai pengguna pemula untuk Recuva. Nah beberapa hari yang lalu WD-Kira juga
mengalami kehilangan data yang disebabkan karena Gagal saat melakukan Partisi Hardisk. Dan Berikut adalah cara demi cara yang Wd-Kira lakukan untuk mengembalikan data dengan Aplikasi Recuva.
bagaimana cara mengembalikan file yang telah terhapus ?

Cara mengembalikan file terhapus dengan aplikasi Recuva.

  • Langkah pertama, silahkan sobat buka Aplikasi Recuva yang telah Ter-Install pada komputer Sobat.Pada saat sobat membuka aplikasi recuva, sobat akan melihat tampilan wizard seperti gambar dibawah ini,  Silahkan klik Cancel saja.
Kembalikan file terhapus dengan mudah

  • Selanjutnya akan tampil jendela utama dari aplikasi recuva. tampilanya seperti gambar dibawah ini.
Kembalikan file terhapus dengan mudah

  • Pada gambar diatas, saya telah memberi dua tanda panah, panah yang saya tandai dengan nomor 1 adalah pilihan drive komputer mana yang ingin sobat recover atau yang akan sobat kembalikan datanya, misalkan data sobat yang hilang adalah pada drive C, maka silahkan sobat pilih drive C.
  • Nah pada tanda panah yang kedua (lihat gambar diatas) adalah pilihan untuk jenis file apa yang akan sobat recover, misalkan Video, Picture, Document, compressed, email atau yang lainya, silahkan pilih dan sesuaikan dengan tipe file sobat yang hilang atau terhapus.
  • setelah sobat selesai memilih kedua pilihan diatas, sekarang silahkan klik tombol Scan. maka recuva akan secara otomatis melakukan pemindaian terhadap file sobat yang hilang tadi.
  • Setelah proses pemindaian file terhapus selesai, maka hasil dari pencarian tersebut akan ditampilkan pada jendela utama recuva.
Kembalikan file terhapus dengan mudah

  • Selanjutnya, juka hasil pencarian file terhapus sudah ditampilkan, silahkan beri tanda check pada file yang ingil sobat kembalikan, sebagai contoh, saya ingin mengembalikan File bernama CD Mahir kimia SMA 2013.ppt,  maka seperti tampak pada gambar diatas, say atelah memberi tanda checklist pada file bernama CD mahir kimia sma 2013.ppt, dan selanjutnya tinggal klik tombol Recover yang terdapat pada bagian pojok kanan bawah.
  • Setelah sobat melakukan klik pada tombol recover, maka sekarang saatnya menentukan tempat untuk menyimpan file yang sobat kembalikan.
Kembalikan file terhapus dengan mudah
Catatan : jangan menaruh file hasil pencarian pada drive yang sama dengan file yang dicari. misalkan tadi sobat melakukan pencarian file terhapus pada drive C, maka sobat harus menyimpanya pada drive lain, misalkan simpan ke drive D atau E, untuk menghindari file Corupt atau rusak.

  •  Setelah selesai memilih drive yang akan digunakan untuk menyimpan hasil pencarian, selanjutnya klik tombol OK, maka recuva akan melakukan proses untuk menyimpan file hasil pencarian tadi.
  • Jika proses penyimpanan file terhapus sudah selesai maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini, silahkan sobat perhatikan.
Kembalikan file terhapus dengan mudah

  • Selesai.
  • Selanjutnya silahkan lihat hasil dari pencarian file terhapus tadi, lokasinya adalah pada lokasi yang sudah sobat tentukan tadi. sebagai contoh WD-Kira tadi memilih untuk menyimpan hasil pencarian dari CD mahir kimia pada drive E, maka Wd-Kira akan lihat hasilnya pada drive E. dan inilah hasilnya
Kembalikan file terhapus dengan mudah
  • Kini, file atau data sobat yang terhapus telah kembali seperti semula.
Demikian sedikit tutorial tentang kembalikan file terapus dengan mudah oleh wd-kira, jika ada yang kurang jelas atau ada kata-kata yang sulit dipahami, silahkan sobat tanyakan ke wd-kira, melalui kotak komentar dibawah ini, Terimakasih telah bersedia berkunjung ke blog wd-kira, semoga dapat membantu untuk mengatasi masalah sobat mengenai cara mengembalikan file terhapus. Selamat Mencoba....

2 comments

wah bakal balik nih film yang dulu terdelete
tapi masih bisa apa gak ya
thanks infonya...

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon