Cara Mudah mengatasi Android Boot Loop Terbaru 2014 | Teruji

Kalian punya Smartphone android yang mengalami Boot loop ? jangan hawatir karena disini kita akan membahas mengenai arti dari Boot loop dan bagaimana cara mengatasinya sampai tuntas. Pada kesempatan kali ini wd-kira kembali posting mengenai hal-hal yang berhubungan dengan sistem operasi Android. Menurut pengamatan wd-kira di berbagai forum Android, Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada Smartphone Android adalah terjadinya Boot Loop.

Disini Wd-Kira membuat judul postingan dengan kata Teruji, karena memang tutorial mengenai Cara mudah mengatasi Android Boot Loop ini wd-kira buat berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang mengalami boot loop ketika melakukan modifikasi sistem dengan smartphone Asus Zenfone 5. Modifikasi Sistem ini memang tidak disarankan, jadi jangan ditiru.

Namun sebelum membahas lebih jauh mengalami permasalahan ini, sudah taukah sobat wd-kira mengenai arti atau maksud dari kata Boot loop ini? Boot Loop diambil dari dua kata yaitu : Boot dan Loop. Boot disini maksudnya adalah Booting, yaitu proses awal menyala dari sebuah dari sistem operasi, sedangkan Loop berasal dari kata Looping yang artinya berulang-ulang. Jadi maksud dari kata Boot Loop adalah Proses menyala yang berulang-ulang, atau sebuah keadaan dimana sistem Android ini tidak dapat melakukan startup hingga masuk ke tampilan awal Sistem operasi Android.

Beberapa Penyebab Boot loop diantaranya adalah :

  • Rooting : Proses rooting adalah salah satu penyebab boot loop karena proses rooting ini pasti akan merubah keadaan sistem awal android kamu. Namun setiap Smartphone memiliki
    Wd-Kira, Cara Mudah mengatasi Android Boot Loop Terbaru 2014 | Teruji, cara terbaru Flash Android 2014, pengertian boot loop android, penyebab bootloop android, cara praktis mengatasi bootloop
    ketahanan yang berbeda-beda, jadi jangan takut melakukan rooting android, karena belum tentu karena melakukan rooting maka smartphone kamu akan mengalami Boot loop.
  • Kegagalan Sistem : Sistem Android juga sama seperti sistem operasi lainya yang bisa mengalami gagal saat melakukan startup, dan menurut wd-kira hal ini memang wajar terjadi, sama seperti sistem operasi yang lain.
  • Perubahan Sistem :  Perubahan sistem yang kalian lakukan juga dapat mengakibatkan Boot loop, Misalkan sobat ingin merubah Boot Animation, Merubah jenis Font yang tidak cocok dengan sistem dan lain sebagainya.
Cara Mengatasi Boot Loop
Jika kalian terlanjur mengalami Boot Loop, sobat jangan cemas, karena boot loop ini yang mengalami kerusakan hanyalah sistem Software androidnya saja, Jadi masih bisa kita perbaiki dengan cara Flash Ulang. Namun sebelum memperbaikinya atau melakukan Flash ulang, Sobat harus mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu.

Bahan Untuk Mengatasi Boot Loop Android :
  1. Driver Android Untuk PC (Menyesuaikan sesuai merek dan jenis Perangkat) [ For Zenfone ]
  2. ADB Fastboot Download
  3. Firmware Android (Harus Menyesuaikan dengan Versi Merek dan Jenis Smartphone) Untuk Zenfone bisa Download Disini
Proses Flash Ulang untuk mengatasi Boot Loop Android
  • Langkah pertama,Silahkan sobat install Driver Android untuk PC yang sudah sobat download tadi ke PC.
  • Langkah kedua, Smartphone harus masuk ke ADB Sideload, Bisa dilakukan dengan cara menekan tombol power dan volume up ditekan bersamaan. kemudian pilih Recovery, Setelah itu tekan dan tahan tombol volume down, lalu tekan dua detik tombol volume Up lalu lepaskan tombol volume up tersebut, setelah itu muncul beberapa pilihan, silahkan pilih Apply Update From ADB. lalu hubungkan Smartphone ke PC.
  • Langkah ketiga, Extract File Adb Factboot yang telah sobat download pada komputer.
  • Langkah keempat, Pindahkan File Firmware Android anda yang berupa file Zip kedalam folder ADB Fastboot.
  • Langkah Kelima, Silahkan tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard komputer lalu klik kanan pada folder Adb Fastboot dan pilih "Open Command Window Here" maka muncul jendela command prompt.
  • Langkah keenam, pada halaman command prompt tersebut ketikkan perintah berikut adb sideload nama file firmware.zip (nama firmware mengikuti nama file firmware yang telah sobat masukkan ke folder Adb Fastboot tadi)
  • Selanjutnya, silahkan tunggu proses transfer data firmware tadi ke Smartphone hingga selesai 100%
  • Jika proses transfer telah selesai, maka smartphone akan secara otomatis melakukan installasi firmware.
  • Setelah selesai, silahkan reboot Smartphone android sobat.
  • Selesai, dan smartphone anda akan kembali normal seperti Semula.
Demikian sedikit tutorial mengenai Cara Mudah mengatasi Android Boot Loop Terbaru 2014 yang telah wd-kira buat berdasarkan pengalaman mengatasi boot loop dan memang berhasil wd-kira praktekkan. Semoga pengalaman ini dapat bermanfaat dan menjadi pelajaran buat sobat lain pengguna smartphone android agar tidak melakukan modifikasi yang berlebihan sehingga tidak mengalami Boot Loop. Terimakasih dan selamat mencoba.

Advertiser

3 comments

cara masukin ke hp android oppo neo 3 ke adb sideload gmna gan ?

menu recovery yng kyak agan bilang ga ada

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon