-->

Cara Memasang Page Plugin Facebook versi terbaru sebagai media promosi Blog

Sebelum melangkah ke tutorial Cara Memasang Page Plugin Facebook versi terbaru sebagai media promosi Blog 2015, wd-kira ada sedikit informasi buat sobat wd-kira bahwasanya Like Box Facebook yang biasa kita pasang pada blog sebagai media promosi bekerja dengan cara menampilkan button like sehingga mengarah pada halaman Fans Page facebook akan segera di Nonaktifkan pada tanggal 23 Juni 2015. Namun sobat wd-kira jangan hawatir, karena dengan di nonaktifkanya plugin Like Box ini bukan berarti fasilitas like box akan ditiadakan, Namun Like Box ini akan di ganti dengan Layanan Baru yang bernama Page Plugin. Page Plugin ini fungsinya hampir sama dengan Like Box versi sebelumnya, namun dari segi tampilan, Page Plugin memiliki tampilan yang lebih bagus. Karena dilengkapi dengan tampilan sampul dari Fans Page dari blog kita.

Beberapa hari yang lalu, wd-kira telah membuat sebuah artikel mengenai Cara membuat Fans Page facebook untuk blog. Nah artikel Cara Memasang Page Plugin Facebook versi terbaru sebagai media promosi Blog ini merupakan kelanjutan dari artikel yang sebelumya Cara membuat Fans Page facebook untuk blog. Nah buat sobat wd-kira yang sebelumnya telah menggunakan plugin Like Box pada Blog, ada baiknya jika sobat segera berpindah ke Page Plugin dengan segera, sebelum Plugin Like Box tersebut di nonaktifkan oleh pihak Facebook.

Wd-Kira, Cara Memasang Page Plugin Facebook versi terbaru sebagai media promosi Blog, Page Plugin terbaru dari Facebook, Pengganti Like Box, cara memasang like Box terbaru 2015
Gambar 1.1 Like Box Akan segera Di Nonaktifkan dan diganti dengan Page Plugin
Penting : Fungsi utama dari Page Plugin ini adalah untuk memasang Badge dari Fans Page halaman kita. Jadi Sebelum memasang Page Plugin pada blog, sobat harus membuat Fans Page terlebih dahulu. Baca cara membuat Fans Page Disini.

Cara Memasang Page Plugin Facebook versi terbaru sebagai media promosi Blog

Cara Mendapatkan Kode Script Page Plugin

Jika Sobat wd-kira telah memiliki fans page, sobat dapat secara langsung masuk ke halaman Page Plugin untuk mendapatkan Script yang kemudian dapat kita pasang pada blog. Untuk Masuk ke Halaman Page Plugin, Silahkan Klik Disini.
Halaman tersebut akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.


Wd-Kira, Cara Memasang Page Plugin Facebook versi terbaru sebagai media promosi Blog, Page Plugin terbaru dari Facebook, Pengganti Like Box, cara memasang like Box terbaru 2015
Gambar 1.2 Mengatur Badge Page Plugin

Keterangan Gambar 1.2: 

  1. Kolom Facebook Page URL - Silahkan isikan url dari alamat Fanspage yang telah sobat wd-kira buat sebelumnya pada Kolom Facebook Page URL.
  2. Kolom Width - Adalah komom yang berguna untuk mengatur lebar badge secara manual, silahkan isikan ukuran lebarnya sesuai dengan lebar kolom pada blog kalian.
  3. Show Friend Faces - Berguna untuk menampilkan daftar teman yang telah menyukai halaman kalian.
  4. Hide Cover Photo - berguna untuk menyembunyikan foto sampul dari Fans Page.
  5. Show Page Post - Berguna untuk menampilkan cuplikasn posting dari halaman Fans Page.
Setelah semua kolom telah kalian isi dan setting sesuai dengan keinginan kalian, selanjutnya silahkan Klik Tombol Get Code untuk mendapatkan kode Script yang dapat kita pasang pada template blog kita.

Wd-Kira, Cara Memasang Page Plugin Facebook versi terbaru sebagai media promosi Blog, Page Plugin terbaru dari Facebook, Pengganti Like Box, cara memasang like Box terbaru 2015
Gambar 1.3 Script Page Plugin
Keterangan Gambar 1.3 :
  1. Script pada kolom pertama adalah kode Javascript yang nanti harus kita pasang pada html template blog kita.(Namun rata-rata template saat ini sudah dilengkapi dengan kode javaScript, jadi kode tersebut tidak perlu kita pasang, karena memang kode tersebut sudah ada pada blog kita)
  2. Script pada kolom kedua adalah kode Script untuk Badge Page plugin yang dapat kita pasang pada Sidebar blog atau yang lainya.

Cara Pemasangan Kode Badge Page Plugin Pada Blog

Pemasangan kode JavaScript SDK (Kode pertama)
  • Langkah pertama, silahkan sobat login ke akun Blogger milik sobat masing-masing.
  • Pilih blog yang akan dipasang Page Plugin dan pilih Template lalu pilih Edit Html
  • Cara memasang kode Javascript Sdk wd-kira
    Gambar 1.4 Cara masuk ke kode Html Blogger
  • Selanjutnya akan tampil halaman Html dari template blog milik sobat.
  • Pada halaman Edit Html tersebut, silahkan cari kode <body> (agar lebih mudah untuk mencari kode tersebut, silahkan gunakan pencarian dengan menekan tombol CTRL + F pada Keyboard)
  • Jika sudah ketemu kode <body>, selanjutnya silahkan taruh kode Script SDK dari facebook tadi dibawah kode <body>
  • Setelah selesai, silahkan simpan. dan mari kita lakukan ke tahap berikutnya.

Cara Pemasangan kode Badge Page Plugin pada Blog (Kode Kedua)
  • Langkah pertama, silahkan sobat wd-kira login ke akun blogger kalian masing-masing.
  • Pilih blog yang akan dipasang Page Plugin, dan pilih menu Tata Letak.
  • Selanjutnya silahkan tambahkan Gadget dan pilih Html/JavaScript.
  • Kemudian silahkan sobat taruh kdoe kedua dari halaman Page Plugin tadi.
  • Langkah terakhir, Silahkan simpan dan lihat hasilnya.
Wd-Kira, Cara Memasang Page Plugin Facebook versi terbaru sebagai media promosi Blog, Page Plugin terbaru dari Facebook, Pengganti Like Box, cara memasang like Box terbaru 2015
Gambar 1.5 Contoh Hasil Page Plugin

Penutup

Demikian sedikit tutorial mengenai Cara Memasang Page Plugin Facebook versi terbaru sebagai media promosi Blog, jika sobat mengalami kesulitan, silahkan sampaikan pertanyaan sobat kepada kami melalui komentar. Terimakasih.


6 Responses to "Cara Memasang Page Plugin Facebook versi terbaru sebagai media promosi Blog"

  1. Gan punya saya kok gak muncul? Padahal sudah sesuai dengan prosedur di atas.. Apa gara" templatenya tak sesuai? Saya masih awam tentang blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya pada template milik sobat belum terdapat JavaScript sob, jadi, sobat harus memasang kode yang pertama pada template blog, tepatnya dibawah kode "<body

      Delete
  2. Saya pake template seo elite
    tapi gak ada tag < body >
    bagaimana ya?

    yang ada cuma < ! - - < body > < div > < / div> -->
    sama < / body >
    itu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tidak ada tag < body > maka sebagai gantinya adalah tag < body expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass' >

      Delete
  3. saya copy di edit template tapi ada kesalahan katanya, Kesalahan saat mengurai XML, baris 838, kolom 64: The reference to entity "version" must end with the ';' delimiter. begitu keterangannya, kira2 gimana solusinya ya? mohon maukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 kemungkinan gan.

      1. Blog tidak mendukung Javascript
      2. Script sudah ada di template agan jadi saling bertentangan

      Delete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel