Apakah perlu memasang antivirus untuk android ?

Perlukah android aplikasi antivirus ? dan seberapa penting kah antivirus untuk android ? dua kata tersebut adalah pertanyaan yang paling sering saya dengar dari berbagai kalangan pengguna smartphone canggih yang bersistem operasi android. Dua Pertanyaan  tersebut memang terdengar sepele ditelinga kita, namun jika kita amati secara mendalam ternyata membutuhkan jawaban yang tidak bisa dikatakan singkat.

Sebagian orang mengatakan bahwasanya aplikasi antivirus tidak diperlukan pada sistim operasi android, dikarenakan android adalah sistim operasi gratis yang tidak mungkin ada virus yang menyerang.  namun pada kenyataanya beberapa pengguna mengalami beberapa gangguan dari aplikasi yang beroperasi secara diam-diam tanpa kita ketahui dan aplikasi yang seperti itu adalah tingkah laku dari program jahat yang bisa disebut virus.

Menurut penelitian yang wd-kira amati dari beberapa kasus yang terjadi pada masyarakat atau pengguna android, secara umum mereka telah memasang aplikasi yang masuk kategori atau jenis aplikasi security, dimana pada aplikasi tersebut terdapat fitur yang berguna sebagai antivirus yang selalu berjalan pada memory setiap saat sejak smartphone android tersebut booting atau dinyalakan.
Buat kamu pengguna android yang belum tau seberapa perlunya aplikasi antivirus pada android, disini wd-kira memiliki beberapa point yang harus kamu ketahui satu persatu, agar kalian bisa mempertimbangkan penggunaan aplikasi antivirus pada android.
Wd-Kira, Apakah perlu memasang antivirus untuk android ? , Seberapa pentingkah memasang antivirus untuk android? apakah android bisa terkena virus? cara mengatasi iklan pada android, android muncul iklan, cara mengatasi android lemot

Apa sih yang disebut dengan virus?

Virus adalah program jahat yang memiliki tingkah laku sesuai apa yang diprogram oleh sang pembuat virus tersebut. Virus memiliki sifat untuk merusak data, menghilangkan atau menghapus data, merubah dan mencuri data yang kita miliki. Program jahat yang disebut sebagai virus ini biasanya masuk ke perangkat kita secara diam diam melalui jaringan internet, Bluetooth,USB flashdisk dan lain sebagainya. Virus berjalan secara otomatis pada sistem operasi, dan tidak memiliki tampilan (User Interface) sehingga kita tidak mengetahui bahwa virus tersebut menginfeksi perangkat kita, dan yang kita tau tiba-tiba data pada perangkat kita telah berubah, hilang bahkan rusak. Itulah yang dinamakan virus.

Apa sih yang dimaksud dengan Antivirus ?

Aplikasi antivirus adalah aplikasi masuk dalam kategori security atau aplikasi keamanan yang bertujuan untuk memblokir dan menghapus program jahat (virus). Aplikasi antivirus ini biasanya telah memiliki daftar jenis dan nama virus yang kebanyakan menyebar dan menyerang, sehingga ketika ada virus masuk ke perangkat kita, maka jika nama virus tersebut  terdapat pada database antivirus, maka secara otomatis aplikasi antivirus tersebut akan memberikan peringatan kepada pengguna, dan kemudian aplikasi antiviirus akan memberikan saran untuk pengguna agar menghapus virus yang terdeteksi pada perangkat kita. Jadi intinya aplikasi antivirus adalah aplikasi keamanan untuk menjaga agar perangkat kita tidak sampai terinfeksi oleh virus.

Apa sih android itu ?

Android memanglah Sebuah Software, namun android ini bukan termasuk kategori software aplikasi. Android adalah sistim operasi untuk perangkat smartphone yang memiliki lisensi GNU GPL (General Public Lisensi) yang di adaptasi dari sistim operasi linux, dimana sistim operasi tersebut bisa dikembangkan oleh banyak orang atau biasa masyarakat menyebutnya dengan gratis. Nah kebanyakan sistim operasi yang memiliki lisensi GNU GPL ini tidak ada orang yang ingin membuat virus untuk menyerangnya. Mungkin si pembuat virus akan berfikir “buat apa membuat virus untuk sistim operasi gratis? Apa untungnya?”

Permasalahan atau kasus yang sering terjadi pada pengguna Smartphone Android

Dari penjelasan diatas, dapat di simpulkan bahwasanya sistim operasi android tidak mungkin diserang oleh virus. Namun disini timbul pertanyaan baru dimana pada kasus yang sering terjadi, banyak pengguna android yang mengalami gangguan pada perangkat mereka, diantaranya seperti :

  • Muncul iklan popup pada layar smartphone, meskipun smartphone tersebut tidak digunakan dan tidak terhubung ke internet.
  • Muncul aplikasi baru secara otomatis yang selalu berjalan dengan sendirinya.
  • Gangguan iklan tidak dapat diatasi, meskipun smartphone telah dilakukan setelah pabrik atau Factory reset
  • Dan masih banyak gangguan lainya

Lalu, gangguan gangguan seperti itu apakah tidak dikatakan sebagai virus?

Penjelasan

Dari permasalahan yang wd-kira sebutkan diatas, wd-kira menyimpulkan bahawasanya gangguan seperti itu bukanlah gangguan yang disebabkan oleh virus. Coba kita amati gangguan yang terjadi, intinya gangguan yang terjadi pada android adalah disebabkan oleh aplikasi penampil iklan yang disisipkan pada aplikasi lain yang kita pasang (instal) pada perangkat kita. Nah biasanya ada dua metode yang digunakan oleh para penebar iklan nakal seperti itu diantaranya adalah :

  • Aplikasi penampil iklan disisipkan pada aplikasi lain, sehingga pad saat kita memasang aplikasi tersebut, tanpa kita sadari ada aplikasi penampil iklan yang ikut terpasang pada perangkat android kita. Untuk mengatasi masalah tersebut, bisa dengan cara menghapus aplikasi apa yang baru saja kita pasang pada perangkat android kita dan secara otomatis aplikasi penampil iklan tersebut ikut terhapus.
  • Aplikasi Penampil Iklan disisipkan pada sistem operasi android. Nah metode yang seperti ini biasanya tidak bisa diatasi dengan cara menghapus aplikasi yang terpasang pada perangkat kita, bahkan meskipun kita melakukan factory reset atau kembali ke setelah pabrik sekalipun tidak akan mampu untuk mengatasinya. Kejadian seperti ini biasanya terjadi setelah kita melakukan proses root dengan menggunakan aplikasi root yang tidak terpercaya . Sehingga pada saat proses root tersebut, aplikasi atau tool yang kamu gunakan untuk melakukan rooting tadi secara diam-diam telah menyisipkan aplikasi penampil iklan pada sistem operasi android kamu.  Salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang seperti ini adalah dengan cara melakukan Flash ulang atau install ulang sistim operasi android kita secara keseluruhan. Lho kenapa harus di flash? Apa tidak ada cara lain? Seperti penjelasan wd-kira diatas, Aplikasi penampil iklan nakal tersebut telah disisipkan ke sistem inti dari android kita, maka yang harus diperbaiki adalah sistem androidnya, caranya adalah dengan melakukan flash ulang, untuk mengembalikan sistem android kita ke sistem yang masih murni, belum terinfeksi atau belum disisipi oleh aplikasi penampil iklan nakal.

Kesimpulan


  1. Aplikasi antivirus pada android sebenarnya tidak perlu, karena sampai saat ini memang belum ada dan belum ditemukan jenis virus yang menginfeksi sistem android. 
  2. Untuk menghindari terjangkitnya aplikasi penampil iklan nakal, sebaiknya sebagai seorang user, kita harus lebih smart dalam memilih aplikasi yang akan kita pasang pada perangkat kita, tetap berhati-hati dan pastikan hanya memasang aplikasi dengan sumber terpercaya saja.
  3. Aplikasi saat ini yang kebanyakan beredar dan mengatas namakan dirinya sebagai antivirus adalah sebuah tool yang berfungsi sebagai pembersih memori (RAM) saja, dan aplikasi tersebut pun juga berjalan terus menerus pada memori perangkat kita, sehingga aplikasi tersebut juga memakan RAM, disamping itu tujuan utama aplikasi tersebut juga untuk menampilkan iklan, namun dengan tempo yang masih terkontrol (tidak secara terus menerus)


Nah sekarang sobat wd-kira bisa menyimpulkan sendiri, apa gunanya aplikasi antivirus pada smartphone android, haruskah kita memasang aplikasi antivirus atau security pada android? Jawabanya ada pada hati kalian
Demikian sedikit pengetahuan dari wd-kira mengenai pemahaman aplikasi antivrus pada android, semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita, agar kita lebih smart dari smart phone kita. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon