-->

memori android habis dengan sendirinya ? ini solusinya

Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana Memori internal android tiba-tiba habis termakan oleh file ukuran besar bernama thumbnail. Kejadian yang sama hampir dialami oleh sebagian besar pengguna android. Kejadian ini tentu saja sangat menjengkelkan, saat kita ingin menyimpan file baru atau ingin menginstall aplikasi baru dari google play store tiba-tiba perangkat android kita menampilkan pesan “Tidak cukup ruang memori untuk menyimpan aplikasi” sedangkan kita sendiri tidak merasa menyimpan file file berukuran besar tetapi kenyataanya memori android kita telah penuh oleh file asing yang bernama Thumbnail.

Banyak sahabat sahabat wd-kira yang heran dengan adanya file berukuran besar yang bernama thumbnail ini. Banyak juga yang bertanya dengan penasaran sebenarnya file bernama thumbnail ini file milik siapa? Karna kita sebagai pemilik dari smartphone android juga tidak pernah merasa menyimpan file berukuran besar hingga memenuhi memori android. Selain rasa penasaran dengan asal atau sumber file bernama thumbnail pada android, kita juga penasaran bagaimana atau apa efek yang terjadi jika kita menghapus file tersebut dari perangkat kita? Sebelum menjawab beberapa pertanyaan dari rasa penasaran kita, mari kita cari tau, sebenarnya apa sih file thumbnail itu?
Wd-kira, Cara mengatasi memori internal android secara mendadak habis, memori android habis dengan sendirinya ? ini solusinya, cara mengatasi memori penuh saat download aplikasi dari play store, Cara terbaru membebaskan memori, cara mengatasi memori penuh

Apa sih yang dimaksud dengan Thumbnail ?

Thumbnail sebenarnya adalah duplikasi dari foto-foto yang kita simpan pada penyimpanan android kita, namun dengan ukuran resolusi yang lebih rendah. File bernama thumbnail ini muncul secara otomatis pada penyimpanan internal di android kita. meskipun kita telah menyimpan semua foto pada kartu memori atau sd card, folder thumbnail ini akan tetap muncul pada memori internal kita.

Lalu apa fungsi dari folder Thumbnail ?

Pada dasarnya folder thumbnail bukanlah folder sampah. Folder thumbnail juga memiliki manfaat lho... Fungsi dari thumbnail adalah sebagai tampilan peview pada galeri smartphone android kita. Sekarang coba kamu buka galeri pada smartphone android kamu. sebelum kamu membuka foto, disitu telah ditampilkan tampilan mini atau preview dari tiap album foto yang tersimpan pada perangkat android kita. Nah dengan adanya file thumbnail ini, maka kamu juga bisa melihat foto-foto pada galeri dengan sangat cepat. Karena jika folder thumbnail ini tidak ada pada memori internal android, maka aplikasi galeri akan berusaha dari awal untuk melakukan proses pencarian ulang lalu mengakses ke penyimpanan dimana foto-foto kamu tersimpan.

Foto yang saya simpan hanya sedikit, kenapa folder thumbnail berukuran sangat besar?

Dari Setiap foto yang tersimpan pada memori kamu, masing-masing pasti akan secara otomatis memiliki thumbnail pada memori internal. Dan menghapus foto asli dari memori tidak akan mempengaruhi folder thumbnail. Intinya, saat foto-foto telah kita hapus dari memori, maka file thumbnail dari foto yang kita hapus tadi tidak akan ikut terhapus, sehingga file berana thumbnai ini akan secara terus menerus menumpuk pada internal memori android kamu. Hal inilah yang menyebabkan folder thumbnail berukuran sangat besar dan menghabiskan memori internal kamu.

Apakah yang akan terjadi jika saya menghapus folder thumbnail pada android ?

Tidak akan terjadi masalah serius jika kita menghapus folder thumbnail dari penyimpanan internal android, namun pada saat kita membuka galeri, maka aplikasi galeri tidak akan secara langsung bisa menampilkan gambar preview. Selain itu galery juga akan terasa lebih lambat saat kita buka. Nah pada saat galeri terasa lambat tersebut, disitulah proses terciptanya file thumbnail tadi. Galeri terasa lambat karena dia melakukan proses untuk membuat tampilan perview dari foto-foto yang kita simpan pada memori, Sedangkan preview dari foto-foto yang dibuat oleh galeri tadi disimpan pada folder DCIM

Kesimpulan

  1. Folder Thumbnail adalah folder yang berisi icon atau duplikat dari foto kita namun dengan ukuran mini yang berfungsi untuk preview tampilan album foto pda galeri.
  2. Folder Thumbnail selalu ada dan selalu tercipta selama kita menyimpan file berupa gambar pada memori smartphone maupun komputer.
  3. Folder Thumbnail memiliki ukuran yang besar dikarenakan folder tersebut nampung setiap gambar yang pernah tersimpan pada perangkat, termasuk file thumbnail dari file gambar yang telah kamu hapus di waktu lampau.
  4. Menghapus folder thumbnail hanya akan berpengaruh pada saat proses pemuatan gambar pada album di galeri
  5. Menghapus folder Thumbnail tidak mengakibatkan kerusakan pada sistim operasi android.
Nah sekarang sobat wd-kira sudah tau kan, apa yang menyebabkan  memori internal android kita tiba-tiba habis. Semua jawabanya sudah kita bahas diatas, apabila sobat wd-kira masih bingung, silahkan dibaca ulang dan dicermati. Wd-kira telah berusaha menyusun tulisan ini sebaik mungkin, apabila masih susah untuk dipahami, mohon maaf karena mungkin itu kekurangan kami. 

Demikian artikel kali ini dari wd-kira, semog apa yang kita bahas kali  ini bermanfaat untuk kalian. Jika ada pertanyaan seputar artikel Cara mengatasi memori internal android secara mendadak habis, silahkan sampaikan pertanyaan sobat melalui kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

0 Response to "memori android habis dengan sendirinya ? ini solusinya"

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel