Memori internal android kurang ? begini solusinya

Terbatasnya kapasitas memori internal pada perangkat android adalah hal yang biasa terjadi pada smartphone menengah kebawah. Padahal semestinya kapasitas memori internal adalah hal penting yang harus diutamakan dan perlu dipertimbangkan saat kita mau membeli smartphone android. Lalu bagaimana cara menambah kapasitas memori internal android, tanpa mengeluarkan biaya lebih dan dengan cara mudah tanpa melalui proses root.

Menambah kapasitas memori internal pada android bukanlah hal yang mustahil karena android adalah sistem operasi yang begitu fleksibel dan setiap saat terus dikembangkan dan disempurnakan oleh pengembangnya. Seperti yang telah kita tau, android saat ini yang sudah banyak dipakai pada smartphone adalah versi 6.0 (Marshmallow) keatas. Pada android Marshmallow ini, google sebagai pengembang utama dari android telah menambahkan fitur baru, dimana user atau pengguna dapat menukar momori internal perangkat mereka dengan kartu memory micro SD atau SD card.

Dengan menukar momori internal sebagai memori utama(internal) atau yang biasa disebut dengan Flex memori pada android sepertinya bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu yang menggunakan smartphone dengan kapasitas memori internal minim. Namun salah satu syarat untuk menjalankan Flex storage ini, kamu harus menggunakan android versi 6.0 (Marshmallow) dikarenakan pada android versi sebelumnya belum ditambahkan fitur flex storage.

Beberapa saat yang lalu, wd-kira telah melakukan penelitian dan mencoba fitur flex storage dari android Marshmallow pada Smartphone Asus Zenfone Max dengan android versi 6.0.1 (Marshmallow) dan ternyata hasilnya sangat memuaskan.

Wd-Kira, Zenfone Max, Android Marshmallow, Cara menambah kapasitas memori internal android, tanpa root, cara menggunakan fitur flex storage, cara membesarkan memori

Cara menukar Memori Internal Android dengan Micro SD (Flex Storage)

  • Langkah Pertama -  Download File Adb Fastboot Disini
  • Langkah Kedua - Aktifkan USB Debugging pada mode pengembang pada android
  • Langkah Ketiga- Ekstrak file adb yang telah kamu download pada komputer.
  • Langkah Keempat- Hubungkan Smartphone Asus Zenfone Max kamu ke komputer
  • Langkah Kelima- Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard komputer lalu klik kanan pada folder Adb tadi, dan pilih Open command Window here Hingga muncul jendela cmd berwarna hitam
  • Langkah  Keenam- Ketik Perintah dibawah ini untuk memulai 
adb shell sm set-force-adoptable true

  • Langkah Ketujuh- Setelah mengetik perintah diatas pada halaman cmd, kemudian silahkan tekan tombol Enter pada keyboard
  • Langkah Kedelapan- Lepaskan Smartphone Asus Zenfone Max kamu dari komputer.
  • langkah Kesembilan- Buka Setelan lalu pilih Penyimpanan & USB lalu pilih SD Card
  • Langkah Kesepuluh- Klik Tiga titik yang ada pada bagian pojok kanan atas dan pilih Setting Lalu Pilih Format As Internal
  •  Selesai
Sekarang kamu telah berhasil menambah kapasitas memori internal pada android kamu dengan cara menukar memori internal pada smartphone Asus Zenfone Max kamu dengan karti Memori (SD Card) atau yang biasa disebut dengan (Flex Storage).

Note : Jangan Lupa melakukan backup isi dari kartu memori (SD Card) kamu sebelum melakukan Format, karena setelah kita melakukan format, maka semua data yang ada pada SD Card akan otomatis terhapus.

Demikian sedikit tutorial untuk menambah kapasitas memori internal android Marshmallow terbaru 2016, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk kalian pengguna android dengan kapasitas memori internal terbatas. Jika ada pertanyaan mengenai tutorial ini, silahkan sobat wd-kira tanyakan melalui kolom komentar yang telah disediakan. Semoga berhasil.

Advertiser

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon