Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat akun google

Berawal dari seringnya mendapat keluhan dari teman-teman pengguna akun google yang mengalami masalah dengan password dan keamanan akun google. Setelah wd-kira amati ternyata hampir sebagian besar pengguna akun google kehilangan akses ke akun mereka disebabkan karena data yang mereka berikan saat membuat akun tersebut bukanlah menggunakan data asli sesuai dengan data diri mereka, sehingga saat terjadi masalah dengan akun tersebut, maka mereka tidak dapat memberikan pembuktian bahwasanya mereka adalah pemilik akun tersebut.

Pada halaman forum bantuan google sendiri sebenarnya telah diberikan penjelasan dengan sangat gamblang bahwasanya pengguna akun google harusnya mematuhi aturan yang telah diberikan, salah satunya adalah aturan mengenai kelengkapan data dari sei pemilik akun tersebut. Namun ternyata banyak sekali pengguna yang tidak tau ataupun malas membaca tentang persyaratan yang telah diberikan oleh google. Sebenarnya jika kita mematuhi aturan tersebut, maka kita tidak akan kesulitan untuk melakukan pemulihan akun jika suatu saat terjadi masalah dengan akun google yang mereka miliki.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya google sangat menghargai privasi dan keamanan pengguna, oleh karena itu google juga tidak akan pernah memberikan informasi dan data diri kita ke public, jadi menurut saya, kita sebagai pengguna akun google tidak perlu ragu untuk memberikan informasi tentang data diri kita, karena informasi dan data diri kita ini sangat penting untuk akun yang kita miliki. Salah satu pentingnya data diri kita yang paling berguna adalah untuk mengembalikan akun kita saat kita mengalami masalah seperti lupa password, akun dibajak dan lain sebagainya.

Beberapa hari yang lalu, wd-kira juga sudah membuat posting artikel mengenai keamanan akun google, yaitu tentang cara verifikasi akun google melalui aplikasi Google Authenticator. Metode dengan aplikasi Google Authenticator ini juga sebagai salah satu metode untuk menjaga keamanan akun google yang kita miliki. Nah dalam artikel yang wd-kira tulis kali ini wd-kira akan mengajak para pembaca untuk membahas beberapa kesalahan pengguna saat membuat akun google. Mungkin kesalahan yang sering terjadi memang terlihat sangat sepele, namun hal ini sangatlah penting dan berakibat fatal jika kita mengabaikan hal tersebut.
Wd-Kira, Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat akun google, hal sepele yang dapat berakibat fatal pada akun google, tips untuk mengamankan akun google

Hal sepele yang berakibat fatal bagi pengguna akun google


  • Membuat akun dengan asal asalan
  • Tidak mengingat username dan password
  • Menggunakan password yang mudah ditebak
  • Membagikan username dan password ke orang lain
  • Tidak mengingat tanggal pembuatan akun
  • Tidak mau mengisi data diri dengan benar atau tidak sesuai dengan data diri asli.
  • Tidak mau melengkapi data pendukung, seperti nomor telpon, alamat dan lain sebagainya.
  • Tidak menyiapkan opsi ponsel cadangan dan verifikasi dua langkah untuk keamanan akun.
Beberapa kesalahan pengguna yang telah wd-kira sebutkan diatas memang yang paling sering terjadi, sehingga orang yang melakukan kesalahan tersebut sangat sangat sulit dan bahkan mungkin tidak bisa mendapatkan kembali akun mereka jika terjadi permasalahan di kemudian hari. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat mudah mendapatkan kembali akun  google yang mengalami masalah ? caranya sangat mudah, yaitu dengan menghindari daftar kesalahan yang telah wd-kira sebutkan diatas.

Sebagai saran untuk kamu yang ingin membuat akun google, atau email baru, disini wd-kira telah merangkum beberapa saran sebelum kamu membuat akun gmail. Diantaranya adalah :

Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat akun google atau Gmail

1. Jangan membuat akun dengan asal asalan

Yang saya maksud dengan akun asal asalan disini adalah dengan mengisi data yang digunakan dengan data diri asli milik kamu,seperti nama depan dan nama belakang asli, alamat, nomor telpon dan lain sebagainya.  karena data diri ini adalah factor utama untuk pemulihan akun milik kamu saat akun kamu mengalami masalah.

2. Usahakan untuk membuat username dan password yang unik dan tidak mudah ditebak

Username dan password adalah kunci utama saat kita ingin login dan mengakses akun google milik kita, oleh karena itu google telah menyarankan untuk membuat usename yang unik.
Jangan gunakan password yang mudah ditebak
Untuk password usahakan mudah untuk kamu ingat, namun sulit ditebak oleh orang lain sehingga akun kamu tidak mudah untuk dibajak. Untuk itu, google telah membuat persyaratan sandi / password yang mungkin bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk membuat sandi pada akun google kamu, silahkan baca persyaratan sandi yang telah ditentukan oleh google.

Persyaratan Sandi / Password


  1. Panjang sandi akun google setidaknya minimal ada delapan karakter
  2. Sandi yang digunakan terdiri dari kombinasi antara huruf besar dan kecil
  3. Sandi yang digunakan disarankanjuga  mengandung unsur angka dan juga symbol
  4. Sandi diperbolehkan menggunakan karakter spasi ,namun  Kamu tidak dapat menggunakan spasi di awal dan akhir, namun kamu diperbolehkan untuk menggunakan spasi di tengah atau didalam sandi. Perlu diingat bahwasanya google telah memblokir sandi yang mudah ditebak, contoh : 123456789

3. Jangan membagikan user name dan password kepada orang lain

Perlu diketahui bahwasanya membagikan username dan password akun google kepada orang lain adalah pelanggaran, jadi disini google tidak bertanggung jawab jika kamu membagikan username dan password ke orang lain dan terjadi masalah yang tidak diinginkan.

4. mengingat tanggal pembuatan akun.

Mungkin hal yang satu ini terdengar sangat sepele, namun hal ini juga sangat penting untuk keselamatan akun milik kamu, namun kamu harus mengingat kalau perlu silahkan dicatat tanggal, bulan dan tahun saat kamu membuat akun google, karena hal ini akan dipertanyakan saat kamu kehilangan akun.

5. Harus menggunakan data diri asli

Jika data diri yang kamu gunakan saat mendaftar akun google sesuai dengan data diri kamu, maka kamu tidak akan kesulitan dalam menjawab pertanyaan keamanan jika akun kamu mengalami masalah di kemudian hari. Perlu diketahui bahwasanya google memiliki tingkat keamanan yang cukup ketat, jika pada awal mendaftar, kamu menggunakan data diri asal asalan, maka kemungkinan besar kamu akan lupa data yang telah kamu masukkan tersebut dan jika suatu saat kamu mengalami masalah, kamu akan lupa dan kesulitan saat menjawab pertanyaan keamanan yang ditanyakan pada formulir pemulihan akun google. Jika data yang kamu masukkan tidak sesuai dengan data yang kamu isikan pada saat awal mendaftar, maka kamu dianggap tidak bisa memberikan bukti kalau kamu adalah benar-benar pemilik akun tersebut.

6. Aktifkan verifikasi dua langkah

Verifikasi dua langkah adalah salah satu motode keamanan yang sangat berguna untuk menjaga akun kamu. Setiap saat kamu login ke akun tersebut, google secara otomatis akan mengirimkan kode verifikasi untuk memastikan bahwa yang berusaha login adalah pemilik akun, bukan pembajak. Dengan demikian jika ada orang yang ingin membajak atau berusaha masuk kea kun kamu, maka orang tersebut tidak akan dapat melanjutkan dikarenakan google telah member kode verifikasi ke nomor ponsel kamu.
Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, silahkan baca tutorial cara mengaktifkan verifikasi dua langkah pada akun google.

Kesimpulan

Sobat wd-kira, google telah membuat sebuah system keamanan dengan sangat baik, untuk menjaga agar tidak terjadi masalah dengan akun yang kamu miliki, semua sudah diberikan panduan dan juga persyaratan, jika kamu rajin membaca dan memahami seperti apa persyaratan yang harus dipenuhi, maka kamu tidak akan kesulitan kok untuk menggunakan dan menjaga akun kamu.

Untuk itu semuanya kembali kepada kita, apakah kita sudah memahami persyaratan yang ada, apakah kita sudah melakukan apa saja saran dan anjuran google agar kita tidak sampai kehilangan akun pribadi kita. Bahkan untuk fasilitas keamanan, google juga sudah memberikan berbagai metode keamanan yang super canggih dan mudah untuk digunakan, tinggal kita mau menggunakanya atau tidak.
Terimakasih, mungkin hanya itu yang dapat wd-kira bahas kali ini, jika ada permasalahan silahkan tinggalkan komentar, sampai jumpa pada posting selanjutnya.

Advertiser

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon