Kamu pengguna android ? kamu pasti pernah punya pertanyaan ini

Andoid dikembangkan untuk sistem operasi khusus telepon pintar atau smartphone dan diperkenalkan ke publik sekitar tahun 2007. Ya kira-kira kalau dihitung sih sudah sekitar 9 tahun sampai tahun 2016 ini. Pada awal berita akan kemunculanya, banyak masyarakat yang penasaran dengan kehadiran sistim operasi baru ini. Meskipun android pada masa itu tidak secanggih saat ini yang di lengkapi dengan kamera, sensor, finger print dan lain sebagainya.
Sebagai pengguna baru sistim operasi android, kamu pastinya masih merasa penasaran dan punya banyak sekali pertanyaan dalam hati kamu untuk mengobati rasa ingin tau kamu mengenai android. Apalagi kalau kamu adalah mantan pengguna sistim operasi smartphone pertama di dunia yaitu Symbian, pastinya kamu punya lebih banyak pertanyaan mengenai istilah dan fitur yang ada pada android dan yang pasti kamu ingin tau apa saja perbedaan fitur antara sistim operasi Symbian dan Android.

Kalau berbicara mengenai perbedaan mengenai sistim operasi Symbian dan android sih memang ada banyak perbedaan ya, dilihat dari platform dasarnya aja memang sudah berbeda, namun bukan hal ini yang akan kita bahas. Pada tulisan saya kali ini, Admin akan mengajak kalian untuk membahas mengenai beberapa pertanyaan yang pernah muncul bagi pengguna baru sistim operasi android. Entah pertanyaan itu pernah kamu ungkapkan ataupun tidak, namun Admin yakin kamu pasti pernah punya pertanyaan mengenai beberapa istilah pada android. Lho andmin kok tau sih kalau saya pernah punya pertanyaan itu? Padahal kan gak pernah saya ungkapkan ? hahaha jangan baper sob, pastinya admin wd-kira juga punya pengalaman dan pernah mengalami hal yang sama seperti yang kalian alami.

Baiklah, membahas mengenai pertanyaan rahasia yang gak pernah kalian ungkapkan tadi, mari kita bahas satu persatu beberapa pertanyaan umum yang berkaitan dengan android, istilah dan singkatan-singkatan dalam android yang pernah terlintas di fikiran kamu dan juga para pengguna android lainya.
Wd-Kira, Pengertian TWRP, Pengertian fastboot, pengertian android, pengertian flash, Kamu pengguna android ? kamu pasti pernah punya pertanyaan ini, Pengertian root android, apa yang dimaskud dengan Android

Istilah-Istilah yang pernah menjadi misteri bagi pengguna android

Apa sih yang dimaksud dengan firmware?

Firmware adalah program tetap yang ada pada smartphone android yang disimpan pada ROM (read only memory) Firmware ini juga termasuk sistim operasi android.
Apa perbedaan Firmware android dan sistim operasi atau OS android?
Secara umum pada dasarnya android dikembangkan dengan satu jenis sistem oleh google, namun pada saat ini ada banyak sekali pabrikan smartphone yang menggunakan OS android dan dikembangkan sesuai dengan perangkat keras (hardware) buatan pabrik tersebut sehingga OS android yang dipasang cenderung memiliki fitur dan tampilan khas dari pabrikan smartphone tersebut dan disebut sebagai firmware dari pabrik yang mengembangkan OS android tadi. Sebagai contoh : Xiaomi dengan Firmware Xiaomi dengan tampilan khas yang diberi nama MiUI, satu contoh lagi yaitu  Asus Zenfone yang mengembangkan Android untuk perangkat mereka dan Firmware android yang dikembangkan oleh Asus ini memiliki tampilan khusus yang bernama ZenUI. OS android yang dikembangkan oleh asus inilah yang biasa disebut dengan Firmware android Asus

Apa yang dimaksud dengan Root ?

Pada dasarnya Root adalah sebuah hak akses. Jika kamu pengguna Windows maka kamu akan mengenal yang namanya administrator. Administrator sama halnya dengan Root yang memiliki hak akses penuh terhadap sistem Operasi.  Definisi dari Istilah Root pada android adalah proses untuk mendapatkan hak akses penuh terhadap manajemen sistem operasi untuk melakukan kontrol dengan hak akses penuhpada android. Namun sobat wd-kira harus berhati-hati dalam melakukan Root karena jika terjadi kesalahan maka akan berakibat fatal. Perlu diingat bahwa, Melakukan root pada android juga juga membatalkan garansi pabrik dari smartphone kamu lho.

Apa sih yang dimaksud dengan TWRP ?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project. TWRP merupakan Recovery open-source untuk android yang sudah support touchscreen. Secara keseluruhan fungsi dari TWRP sama dengan CWM, hanya dibedakan dari tampilan dan cara pengoperasian.

Apakah yang dimaksud dengan CWM ?

CWM  adalah singkatan dari Clockworkmod. CWM pada dasarnya adalah hasil modifikasi dari recovery asli, Didalamnya terdapat fitur yang lebih lengkap daripada recovery bawaan pabrik. Beberapa fitur yang ada diantaranya  adalah : untuk  melakukan installasi upgrade firmware atau os android, melakukan factory reset, bahkan backup dan restore. CWM ini biasanya memiliki tampilan basic, sama seperti recovery bawaan. Begitupun dengan cara pengoperasiannya, cara pengoperasian dari CWM ini hanya dapat dilakukan dengan menggunakan tombol power, tombol volume up dan juga tombol volume down.

Lalu apa perbedaan antara TWRP dan CWM ?

TWRP dan CWM  memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melakukan Wipe data/partition atau Factory Reset, Clear Cache partition, Install Update dan lain sebagainya. Namun perbedaan yang mendasar hanyalah terdapat pada tampilan dan cara pengoperasian. CWM memiliki tampilan standart dan hanya diperasikan dengan tombol power dan tombol volume up dan volume down, sedangkan TWRP memiliki tampilan yang lebih modern dan untuk pengoperasianya juga sudah mendukung touch screen.

Apa yang dimaksud dengan Bootloader ?

Kita pasti sering mendengar istilah Bootloader dan Unlock Bootloader. Taukah kamu, pada dasarnya bootloader adalah sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum Sistem Operasi Android mulai berjalan. Bootloader memiliki sifat universal untuk hampir semua jenis sistim operasi yang sistemnya tertanam pada smartphone kita. Bootloader Merupakan paket petunjuk untuk booting kernel sistem operasi dan dari setiap perangkat pastinya memiliki struktur bootloader yang berbeda-beda dan masing-masing memiliki debugging atau lingkungan modifikasi sendiri-sendiri.

Lalu apa yang dimaksud dengan Unlock Bootloader?

Setiap smartphone android yang kita beli, pasti memiliki Bootloader bawaan dari pabrik dan Boot loader tersebut pasti dalam keadaan terkunci atau “Locked”
Dari penjelasan tersebut, pasti daam hati kita timbul pertanyaan lagi, mengapa bootloader bawaan smartphone selalu dalam keadaan terkunci ?
Jawabanya adalah : Bootloader ini pada dasarnya memiliki fungsi untuk melindungi Sistim operasi yang terpasang pada smartphone kita dan juga menjaga aksesbilitas dari user, oleh karena itu untuk menjaga agar sistem android pada smartphone kamu tetap aman, maka bootloader ini perlu dikunci agar tidak terjadi perubahan pada sistem.
Definisi dari unlock bootloader sendiri adalah untuk membuka kunci Bootloader. Hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang ingin melakukan modifikasi pada sistim operasi android. Unlock Bootloader juga diperlukan saat pengguna ingin melakukan installasi custom rom.
Catatan : Unlock Bootloader merupakan pelanggaran dari ketentuan pabrik. melakukan Unlock Bootloader juga dapat membatalkan garansi pabrik.

Apa yang terjadi jika Vendor atau pabrik smartphone tidak mengunci Bootloader ?

kamu sebagai pengguna smartphone pastinya lebih smart dari ponsel kamu yang dijuluki Smartphone. seperti yang kita tau, bahkan saat semua vendor atau pabrik smartphone mengunci bootloader saja banyak sekali smartphone android yang terinfeksi oleh Ads-ware sehingga smartphone selalu menampilkan iklan, lalu bagaimana jika vendor atau pabrikan smartphone membiarkan Bootloader dalam keadaan terbuka ? tentu saja sangat berbahaya dan kemungkinan besar bukan hanya Ads-ware saja yang akan menginveksi smartphone kamu, mungkin bisa saja malware lainya yang bisa mencuri data pribadi seperti password dan email pada perangkat kamu.
bukan tidak mungkin kalau hal berbahaya tersebut bisa terjadi.

Sekarang coba kita fikir ulang, jika kita ingin melakukan Unlock bootloader, pastinya kita harus melalui proses root terlebih dahulu kan ? kalau misalnya pabrik membiarkan bootloader tidak terkunci, tentu saja smartphone tersebut juga sudah dalam keadaan root. nah dengan keadaan seperti ini, maka semua Ads-Ware, malware, virus dan program jahat lainya juga akan semakin mudah dalam menginfeksi perangkat kita karena malware tersebut memiliki hak akses penuh terhadap sistem android milik kita. 

Apakah yang dimaksud dengan Fastboot ?

Fastboot merupakan protokol khusus yang dapat digunakan untuk melakukan eksekusi langsung ke sistem. Berbicara mengenai Fastboot, kamu sebagai pengguna android pastinya pernah mendengar Fastboot Mode. Hampir semua merek smartphone android saat ini telah dilengkapi dengan Fastboot Mode. Fastboot Mode adalah keadaan dimana smartphone kita telah masuk ke mode Fastboot dan bersiap untuk menerima transfer file dari protokol Fastboot.
Untuk melakukan eksekusi dengan Fastboot ini, kita memerlukan sebuah komputer dan beberapa perintah yang dapat kita lakukan dengan Fastboot ini antara lain:

Perintah Dasar Fastboot dan Fungsinya


  • fastboot flash boot NamaFileROM.img berguna untuk melakukan flashing ke stock Kernel ataupun Custom. 
  • fastboot flash recovery Nama_file_recovery.img  berguna untuk melakukan recovery. 
  • fasboot Devices  berguna untuk melakukan pengecekan koneksi fastboot ke perangkat android anda
  • fasboot  Reboot berguna untuk  melakukan Reboot pada perangkat android anda. 
  • fasboot  reboot-bootloader  berguna untuk melakukan reboot pada bootloader.


Itulah beberapa istilah dasar yang masih banyak belum kita tau arti dan fungsinya. Mungkin beberapa istilah, arti dan fungsi yang wd-kira berikan baru sedikit, namun nanti jika ada waktu akan wd-kira berikan tambahan untuk istilah-istilah lainya, agar bisa menjadi solusi dan menambah pengetahuan sobat wd-kira.

Demikian tulisan yang dapat wd-kira berikan kali ini, jika ada pertanyaan, saran atau jika sobat memiliki ide atau istilah lain yang belum sempat wd-kira tulis, sobat bisa menyampaikanya ke Admin wd-kira melalui halaman kontak yang tersedia untuk ditambahkan ke artikel postingan ini. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Advertiser

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon