Cara Root dan Pasang TWRP Zenfone Max Marshmallow tanpa Unlock bootloader

Bagaimana cara melakukan root pada smartphone zenfone max, dan juga bagaimana cara install custom recovery atau TWRP pada android marshmallow di zenfone max ? itulah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh temen-temen wd-kira, oleh karena itu Pada tutorial kali ini, wd-kira akan membagikan sebuah tutorial untuk melakukan root pada smartphone Zenfone Max dengan android versi Marshmallow terbaru tanpa Unlock Bootloader.

Perlu diketahui, saat ini wd-kira sedang menggunakan smartphone zenfone max dengan posisi firmware bawaan (stock rom)  versi Marshmallow 13.8.26.50. Lalu pertanyaanya, Apakah bisa melakukan root dan pasang twrp pada versi Marshmallow 13.8.26.50 ? Jawabanya adalah bisa dan Tidak perlu melakukan Unlock Bootloader, kita hanya perlu mengakali dengan cara memasang kernel versi Marshmallow beta. Mengapa harus memasang Kernel versi beta ? Jawabanya adalah karena Firmware Zenfone Max Marshmallow yang terbaru tidak dapat secara langsung dipasang Custom Recovery (TWRP).
wd-kira, How to root Zenfone Max Marshmallow without unlock bootloader, cara mudah root zenfone max tanpa unlock bootloader, cara mudah pasang twrp pada zenfone max, cara root zenfone max terbaru
Apakah sobat wd-kira merasa bingung dengan tulisan yang saya sampaikan ? tenang, jangan bingung dan cobalah baca semua tutorial ini dengan seksama dan jeli agar kalian tidak bingung, karena step atau langkah-langkah yang harus kita lalui agak panjang.
Catatan : Melakukan root dapat membatalkan garansi pabrik, segala resiko yang terjadi adalah tanggung jawab Anda
Jika sobat sudah siap dan matang untuk melakukan root, sekarang, mari kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan, berikut adalah daftar alat dan bahan yang harus dipersiapkan untuk melakukan root pada smartphone Zenfone Max.

Alat dan bahan untuk melakukan root

  1. PC/Laptop dengan Windows 7 keatas
  2. Smartphone Zenfone Max dengan Versi firmware 13.8.26.50
  3. Kabel data (Usahakan gunakan kabel data bawaan yang original)
  4. Driver ADB
  5. TWRP versi 3.0.2-0
  6. Super Su
  7. Firmware Marshmallow Beta
  8. File Adb Fastboot
  9. Kernel Original Marshmallow 50
Agar sobat wd-kira tidak bingung dengan langkah-langkah yang akan kita lakukan, disini wd-kira akan memberikan ringkasan langkah demi langkah yang akan kita lakukan, yaitu :
  1. Aktifkan USB Debugging pada Smartphone Zenfone Max
  2. Install driver ADB pada Komputer / Laptop
  3. Pasang Firmware Marshmallow beta pada zenfone Max
  4. Pasang Custom Recovery (TWRP) pada Zenfone Max
  5. Mengembalikan kernel ke versi Marshmallow 50 Official
  6. Pasang Super User (Proses Root)
  7. Selesai
Jika sobat wd-kira sudah mengerti dan memahami langkah-langkah atau proses yang akan kita lakukan , sekarang mari kita mulai prakrek untuk melakukan root dengan melakukan step pertama terlebih dahulu.

Step Pertama | Mengaktifkan USB Debugging Pada Smartphone

Silahkan baca Cara untuk mengaktifkan USB Debugging pada Zenfone Max

Step Kedua | Install Driver ADB pada laptop / Komputer

Tujuan utama memasang driver ADB pada computer adalah agar smartphone kita terdeteksi atau dikenali oleh computer, oleh karena itu, silahkan hubungkan smartphone kalian ke Laptop atau computer dengan kabel data USB, kemudian jalankan file ADB Driver Installer, lalu lakukan install driver ADB

Langkah Ke Tiga | Memasang Firmware Marshmallow Beta

  • Extract file Marshmallow beta yang telah kalian download tadi
  • Buat smartphone Zenfone Max kamu ke Mode CSC (fastboot)
  • Pada hasil Extract file Marshmallow beta tadi, silahkan cari file yang bernama 4pda_cmd dan jalankan pada pc atau komputer kamu sehingga muncul halaman cmd
  • Pada halaman cmd yang terbuka, silahkan ketik perintah berikut
flashall_AFT WW_ZC550KL_V13.8.26.15_M3.1.39_Phoneuser.raw
  • selanjutnya, tunggu hingga proses pemasangan kernel beta selesai
  • Jika proses pemasangan kernel beta telah selesai, smartphone Zenfone Max akan secara otomatis restart dan booting seperti biasa, dan juga masih tetap pada versi firmware 13.8.26.50 namun dengan kernel versi beta. 
Sampai proses ini, pemasangan kernel beta telah selesai, mari kita lanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu Step ke Empat

Step ke Empat | Memasang Custom recovery (TWRP) pada smartphone Asus Zenfone Max

  • Pertama-tama, Extract  file ADB Fastboot pada Laptop atau computer
  • Copy file PRO-SuperSU-v2.67.zip ke SD Card smartphone kamu (Jangan taruh dalam folder biar nanti  tidak bingung)
  • Copy File boot50.img, dan  TWRP versi 3.0.2-0 ke dalam folder file adb fastboot
  • Sekarang, matikan smartphone kamu, kemudian masuk ke mode Fastboot atau CSC mode dengan cara tekan dan tahan tombol volume up dan juga tekan dan tahan tombol power.
  • Kemuadian, hubungkan smartphone kamu ke Laptop atau computer dengan kabel USB
  • Sekarang perhatikan pada Laptop atau computer kamu, silahkan tekan dan tahan tombol shift pada keyboard laptop, kemudian klik kanan pada Folder file ADB fastboot tadi dan pilih Open Command Window here, hingga muncul halaman CMD
  • Sekarang mari kita flash atau pasang TWRP ke smartphone Asus Zenfone Max kita dengan cara ketik perintah fastboot flash recovery TWRP3.0.2-0.img lalu tekan enter pada keyboard laptop.
  • Jika pada halaman cmd telah menampilkan tulisan Finished, berarti proses pemasangan twrp telah berhasil.
Catatan : Mungkin pada CMD muncul tulisan Failed, namun ini bukan masalah, jadi abaikan saja.
  • Langkah selanjutnya, copot kabel dari PC atau laptop, kemudian tekan dan tahan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan. Jika smartphone kamu mati, langsung lepaskan kedua tombol tersebut agar tidak booting ke system. (Jika terlanjur boot ke system, maka twrp akan hilang dan kembali ke recovery asli) Silahkan ulangi proses pemasangan TWRP pada proses sebelumnya.
  • Kemudian langsung masuk ke twrp dengan cara tekan dan tahan tombol volume down dan tombol power. Apabila kalian berhasil masuk ke twrp, maka sampai tahap ini twrp telah berhasil terpasang pada smartphone Asus Zenfone Max Kamu. 

Step Ke lima | Mengembalikan kernel ke versi Marshmallow 50 Official

Pada Step ke tiga tadi, kita telah memasang kernel beta pada smartphone Asus Zenfone Max agar kita dapat memasang TWRP pada Smartphone Zenfone Max, sekarang kita telah berhasil memasang TWRP dengan lancar, selanjutnya mari kita kembalikan kernel kita ke versi Marshmallow 50 lagi dengan cara :
  • Buat smartphone Asus Zenfone Max kamu ke mode Fastboot (CSC) mode
  • Hubungkan ke Komputer dengan menggunakan kabel data
  • Buka halaman cmd dengan cara tekan ombol shift pada keyboard laptop kemudian klik kanan pada folder File ADB Fastboot, kemudian klik pada pilihan Open Command Window here
  • Jika halaman CMD telah terbuka, sekarang silahkan ketik perintah Fastboot flash boot boot50.img lalu tekan tombol Enter pada keyboard laptop.
  • Tunggu hingga proses selesai, dan menampilkan tulisan Okay dan Finished
  • Silahkan restart smartphone Asus Zenfone Max kamu

Step ke Enam | Proses Root

  • Masuk ke Mode Recovery TWRP dengan cara : Posisi smartphone kamu mati, silahkan tekan dan tahan tombol volume Down, kemudian tekan dan tahan juga tombol power. Jika smartphone menyala dan menampilkan logo Asus, silahkan lepaskan kedua tombol tersebut, hingga masuk ke TWRP
  • Jika berhasil masuk ke mode TWRP, silahkan pilih Install kemudian pilih File  PRO-SuperSU-v2.67.zip yang telah kamu copy ke SD Card tadi dan lakukan Install dengan cara geser tombol install ke kanan.
  • Tunggu hingga proses selesai kemeudian reboot

Step ke Tujuh | Selesai 

Saat ini, smartphone asus Zenfone Max kamu telah ada pada posisi Firmware Marshmallow 13.8.26.50 dalam keadaan terpasang TWRP dan juga sudah dalam keadaan Ter-Root. Untuk memastikan bahwa Smartphone Asus Zenfone Max kamu telah benar-benar dalam keadaan root, silahkan install aplikasi Cpu-Z dari Google Play Store untuk memeriksa status Rootnya. Dan gambar dibawah ini adalah hasil dari proses root yang saya lakukan pada smartphone saya
how to Root Zenfone Max Marshmallow

Update

Beberapa teman menanyakan bagaimana saya bisa yakin kalau metode ini benar-benar tanpa melalui proses unlock bootloader? Jawabanya mudah, kita tinggal cek melalui perintah pada fastboot dan hasilnya benar-benar tanpa melalui proses unlock bootloader. 

Sebagai bukti, dibawah ini adalah screenshoot hasil pengecekan status bootloader pada asus zenfone max milik saya yang masih tetap terkunci.
Cara Root dan Pasang TWRP Zenfone Max Marshmallow tanpa Unlock bootloader
Pada screenshoot tersebut muncul tulisan Bahwa <Bootloader> Device Unlocked : False  yang artinya bootloader dalam keadaan masih terkunci.
Itulah langkah-langkah untuk melakukan root dan memasang TWRP pada smartphone Asus Zenfone Max tanpa melakukan Unlock Bootloader. Dengan demikian smartphone kita akan tetap aman karena bootloader masih tetap terkunci dan tidak mudah mengalami kerusakan sistem.

Demikian tutorial kali ini, jika ada pertanyaan kritik atau saran yang perlu disampaikan, silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar yang telah disediakan. terimakasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Regard

Widi

20 comments

Gan, itu nanti kalau ada update.an dr ASUS, kira2 bisa di update gak?
Biasanya kan mentok di twrp

Biasanya sig gak bisa gan, tapi masih bisa upgrade dengan cara flash dengan menggunakan adb sideload

firmware 13.8.26.60 bisa pke cra d atas kh gan ?

gan ane di step cmd...setelah ,asukin kode itu proses nya lancar cm hp ane kok kyk bootlop ya?

Hamim, itu artinya usb driver belum terinstall pada PC dan pastikan kamu sudah mengaktifkan USB DEbugging pada smartphone kamu

Firmware ww.13.8.26.76 apakah bisa pakai tutorial diatas?

gan pas sudah kelar step 3, gak restar cuman loading logo asus aja,, itu emang begitu langsung ke step 4, atau tungguin ampe ke tampilan awal ya

gan touch home nya jadi ga fungsi, ada link kernel yang terbaru gak?

Gan,ane kok coba metode yg sama,waktu fastboot kok device ane gak kebaca ? Cm waiting any device. Tp saat zenfone ane mode normal,hp nyala,bisa kebaca sm usb driver,keluar serial numbernya. Adb driver padahal dah terinstal. Zenfone max ane di posisi 13.8.26.92 yg terbaru nih

Gan,yg perlu di rubah,total firmware nya atau firmware kernel nya aja ? Kan kata nya cuma perlu rubah kernel doank ? Kok disitu downloadnya all firmware ?

iyan ZenUser
memang disitu downloadnya full firmware, tapi setelah dipasang hasilnya yang rubah hanya kernelnya saja.
memang begitu prosedurnya, dikarenakan untuk saat ini kami belum menemukan file khusus firmware beta, jadi sementara kita gunakan yang ini dulu.

terima kasih gan...ini artikel yang paling lengkap dan prakteknya berhasil 100%.

@BaguSUnderland17 : Terimakasih feedback nya mas. :D

gan, bisa ga sih buat yang versi 13.8.26.92

Gan iki hh ane sukses pakek tutorial, tp kok gps jadi gak akurat ya

Gan ini work d hp ane, tp kok gpsnya jadi susah ngelock ya

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon