-->

Download & Install Viper OS Zenfone Max Z010D

Pada kesempatan hari ini wd-kira akan berbagi pengalaman tentang bagaimana rasanya mencicipi Custom Rom ViperOS yang berbasiskan AOSP (Android Open Source project) pada smartphone Zenfone Max Z010D.
Pertama-tama dalam posting kali ini wd-kira akan menjelaskan bagaimana cara memasang Custom ROM ViperOS pada smartphone Asus Zenfone Max Z010D secara lengkap disertai gambar petunjuk sehingga buat sobat wd-kira yang ingin mencoba, bisa langsung dengan mudah mempraktekkan dengan menggunakan tutorial ini sebagai panduan.

Selain menjelaskan tentang installasi Custom ROM ViperOS di sini wd-kira juga akan menjelaskan beberapa fitur apa saja yang dibenamkan pada sistem operasi atau Custom ROM ViperOS ini. Perlu diketahui bahwasanya ViperOS untuk saat ini sudah tersedia untuk Smartphone Asus Zenfone 2 Max Z010D dengan versi android N atau android Nougat 7.1.2 yang berarti versi android terbaru untuk saat ini sebelum android O.
Download & Install Viper OS Zenfone Max Z010D
Selain mencoba merasakan Custom rom ViperOS pada smartphone android Asus Zenfone Max, sebelumnya wd-kira juga sudah mencoba beberapa Custom rom lainya seperti Resurrection Remix, LineAgeOS, AIM, AEX (AOSP Extended) AOKP dan masih banyak Custom rom lainya. Mungkin untuk versi Custom rom lainya akan kita bahas lain waktu. Baiklah di sini wd-kira akan langsung saja menjelaskan tentang langkah-langkah pemasangan atau Installasi terlebih dahulu.

Perhatian :
Wd-Kira tidak bertanggung jawab jika smartphone kamu mengalami bootloop, softbrick, hardbrick dan lain sebagainya. Karena di sini wd-kira hanya berbagi pengalaman yang secara pribadi telah wd-kira praktekkan dan hasilnya 100% Berhasil. Jadi Resiko dan segala masalah yang timbul atau terjadi adalah tanggung jawab kamu sepenuhnya.
Syarat Penting sebelum memasang custom ROM pada smartphone android
Smartphone harus sudah terpasang Custom Recovery (TWRP Recovery)
Silahkan baca : tutorial cara memasang twrp recovery pada zenfone max

Alat dan Bahan untuk Memasang Custom Rom ViperOS pada Zenfone Max Z010D

1. File ROM ViperOS Z010D
2. GAPPS (Silahkan Pilih Arm64 7.1)
Untuk File Gapps, wd-kira menggunakan versi aroma, terserah kamu mau pakai yang standar, mini, atau pico juga bisa, itu semua tergantung kelengkapan paket aplikasi yang ada di dalamnya.

Setelah semua bahan telah terkumpul, selanjutnya mari kita masuk ke tahap installasi atau tahap pemasangan custom Rom ViperOS pada Smartphone android kamu.

Cara memasang Custom ROM Viper OS pada Smartphone Zenfone Max Z010D

Langkah pertama sebelum kita memasang Custom rom adalah melakukan wipe, dan berikut adalah proses cara melakukan wipe:

  • Pindahkan File ROM ViperOS dan Gapps ke dalam internal memory atau penyimpanan internal smartphone kamu.
  • Buat smartphone kamu masuk ke mode TWRP Recovery dengan cara : Dalam Posisi smartphone kamu mati, silahkan tekan dan tahan tombol volume Down (Volume -) dan tombol Power secara bersamaan. Jika smartphone kamu bergetar, silahkan lepaskan kedua tombol maka smartphone kamu akan secara otomatis masuk ke TWRP Recovery.
  • Lakukan wipe dengan cara, pada halaman awal TWRP, silahkan pilih Wipe, kemudian pilih tombol Advance Wipe, kemudian centang atau beri tanda ceklist pada pilihan Dalvik/ART Cache, Data, System, dan cache, kemudian geser tombol Swipe To Wipe ke arah kanan untuk memulai Wipe. 
Download & Install Viper OS Zenfone Max Z010D

Wipe ini bertujuan untuk membersihkan partisi agar file system dari OS yang lama tidak mengganggu kinerja OS android baru yang akan kita install nanti.

Langkah selanjutnya adalah memasang Custom Rom ViperOS, caranya adalah sebagai berikut:


  • Pada halaman awal TWRP Recovery, silahkan pilih menu Install, kemudian pilih file ROM ViperOS yang telah kamu download dan kamu taruh di internal memory tadi.
  • Selanjutnya, pada halaman tersebut silahkan geser tombol Swipe To confirm flash ke arah kanan untuk memulai pemasangan custom rom ViperOS .
  • Silahkan tunggu hingga proses installasi selesai.
  • Jika proses pemasangan custom rom ViperOS telah selesai, silahkan tekan tombol back hingga kembali ke halaman awal TWRP untuk melangkah ke tahap pemasangan Gapps.

Download & Install Viper OS Zenfone Max Z010D

Tahap terakhir, yaitu Tahap Pemasangan Gapps, caranya adalah sebagai berikut:


  • Pada halaman awal TWRP, silahkan pilih Install, kemudian pilih File Gapps yang telah kamu Download
  • Selanjutnya, silahkan geser tombol Swipe to confirm flash ke arah kanan untuk memulai proses pemasangan gapps.
  • Jika proses pemasangan Gapps telah selesai, silahkan pilih tombol Reboot System, untuk melakukan restart dan mulai booting menggunakan ROM baru, yaitu ViperOS

Download & Install Viper OS Zenfone Max Z010D

Sampai di sini kamu telah berhasil memasang custom rom ViperOS pada perangkat smartphone android Zenfone Max milik kamu.

Review Tampilan dan Fitur yang ada pada ViperOS

Seperti biasa, setelah selesai memasang rom dan gapps pada smartphone kamu, kamu akan melihat tampilan start up pertama kali dan kamu diwajibkan untuk melakukan set up dan juga melakukan login dengan akun google yang kamu miliki. Setelah semua setup selesai, barulah kamu dapat masuk ke halaman Home atau halaman beranda ViperOS.

Kesan pertama saat menggunakan ViperOS pada zenfone max, wd-kira merasakan bahwa OS android ini terasa lebih ringan dan smooth jika dibandingkan dengan custom rom lainya yang bersumber (based) dari LineAge karena memang ViperOS ini sedikit berbeda karena sumbernya adalah AOSP.

Halaman Home Screen, Halaman menu & Halaman Quick Settings

Pada halaman Home screen, kamu dapat menggunakan launcher bawaan ViperOS dan ternyata ViperOS memiliki dua launcher, di sini wd-kira menggunakan pixel launcher sebagai launcher utama yang telah dibekali dengan wallpaper khas ViperOS.
Download & Install Viper OS Zenfone Max Z010D, Wd-kira, how to download and install viper OS on Zenfone Max, stable custom rom 2017 zenfone max, custom rom support LTE, 4G, Volte Support
Halaman menu dapat kamu akses dengan cara mengusap layar Home screen dari bagian bawah ke bagian atas sehingga tampilan semua aplikasi akan terhampar penuh pada layar. Pada bagian kanan layar juga terdapat scroll yang dapat kamu geser sesuai dengan huruf abjad sehingga memudahkan kamu dalam memilih aplikasi yang kamu perlukan. Selain itu, untuk mempermudah pengguna dalam mencari aplikasi, pada bagian atas juga disematkan kolom pencarian.

Quick settings merupakan halaman setelan mudah yang dapat kamu akses secara instan dari halaman manapun. Halaman quick settings ini dapat kamu akses dengan cara mengusap status bar bagian atas ke arah bawah. Beberapa pilihan yang disematkan pada halaman quick settings ini antara lain : Wi-fi, Mobile data, Indikator baterai, Do Not Disturb mode, flashlight, screen position, bluetooth, airplane mode, venom, gps, data Save dan juga hotspot.

Bukan hanya itu, selain beberapa pilihan diatas, kamu juga dapat menyesuaikan sesuai dengan selera kamu dengan cara menggeser pilihan tersebut dan kamu dapat mengurangi dan menambah apa saja yang ingin kamu tampilkan pada halaman quick settings ini.

Halaman Settings

Pada halaman settings, tidak jauh berbeda dengan halaman settings pada custom rom lainya, namun pada halaman settings ini kamu dapat menemukan opsi atau pilihan berupa Venom dengan gambar ikon ular viper. Ini adalah halaman kustomisasi yang dapat kamu gunakan untuk menyesuaikan tampilan dan mengaktifkan segala fitur yang ada pada ViperOS .

Menu Spesial Khusus ViperOS

Apa saja fitur yang ada pada bagian menu spesial khusus viperOS yang berguna untuk melakukan kustomisasi pada viperOS, mari kita masuk ke bagian Venom Settings
Download & Install Viper OS Zenfone Max Z010D, Wd-kira, how to download and install viper OS on Zenfone Max, stable custom rom 2017 zenfone max, custom rom support LTE, 4G, Volte Support
Status Bar
Pada halaman status bar, kamu dapat mengatur halaman Quick Settings, mengatur Statusbar items, mengatur tampilan Tanggal dan waktu, menampilkan informasi nama ain Cad yang kamu gunakan, menampilkan logo viper pada status bar, menampilkan traffic indikator, sehingga kamu tidak perlu memasang aplikasi internet Speed meter untuk mengetahui lalu lintas data seluler dan jaringan wi-fi pada smartphone kamu.

LockScreen
Pada halaman LockScreen hanya ada sedikit pilihan diantaranya adalah untuk menampilkan informasi cuaca, baterai dll.

Sound and Notifications
Pada halaman setting Venom Sound and notification, kamu dapat menyesuaikan notifikasi yang kamu terima baik itu sms, email maupun panggilan, selain itu kamu dapat mengatur suara, atau volume dan merubah nada dering dan juga nada notifikasi.

System
Pada halaman venom system kamu dapat melihat disitu ada empat pilihan, yaitu:
Download & Install Viper OS Zenfone Max Z010D

  1. Theme Resources yang berguna untuk memilih tema atau tampilan. Dan disitu kamu dapat memilih tampilan gelap atau tampilan terang
  2. Navigation bar dan hardware Key. Navigation bar adalah menu navigasi virtual yang berupa tombol back, Home dan overview Buton yang ada pada bagian bawah layar. Dan pada hardware Key kamu dapat mengatur beberapa fungsi tombol fisik smartphone kamu, contohnya seperti menekan lama tombol Home untuk menggambil tangkapan layar atau screenshot dan menekan lama tombol back untuk menutup aplikasi secara paksa dan lain sebagainya.
  3. Recents Screen pada bagian ini kamu dapat mengontrol aplikasi apa saja yang ingin kamu tampilkan atau kamu sembunyikan dari tombol recents screen.
  4. Power Menu pada bagian Power menu kamu dapat memilih pilihan apa saja yang akan ditampilkan jika tombol Power ditekan.

About
Pada halaman about terdapat dua pilihan, yaitu Changelog yaitu halaman yang menampilkan apa saja fitur baru dari update terakhir ViperOS.

Yang kedua adalah Device and Maintainer yang menampilkan daftar perangkat yang sudah di dukung oleh ViperOS dan menampilkan siapa maintainer yang membuat ViperOS mampu bekerja pada perangkat android tersebut.

Menggunakan custom rom adalah sebuah alternatif bagi wd-kira untuk menghindari banyaknya bloatware atau aplikasi bawaan pabrik yang tidak terpakai sehingga memenuhi ruang penyimpanan dan juga mubazir karena sama sekali tidak pernah kita gunakan.

Namun harus diperhatikan juga, untuk menggunakan custom rom juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan kalian. Karena sangat bervariasinya fitur yang diberikan oleh custom rom, maka kamu harus pintar-pintar memilih custom rom yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Demikian tutorial kali ini tentang bagaimana cara installasi custom rom ViperOS pada smartphone android Asus Zenfone Max Z010D. Jika kamu punya pertanyaan tentang tutorial seputar cara installasi custom rom, silahkan sampaikan pertanyaan kamu pada kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

6 Responses to "Download & Install Viper OS Zenfone Max Z010D"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Setelah saya lakukan semua sperti contoh diatas ketika nyala hanya stuck pada logo asus dan keteranganya invalid image.. Gimana itu solusinya

    ReplyDelete
  3. Mantap Work 100% Mantap 😄😊🤙🤙👌👍

    ReplyDelete
  4. Fitur tap to wake up ilang ya??
    Gk bisa tap to wake up.. Ya gan..

    ReplyDelete
  5. Sama mo nanya..
    1. gk bisa mindahin aplikasi ke kartu memori ya??
    2. Keyboard gk bisa nyimpen kata ya (kamus)
    3. Gk bisa baca kontak di kartu sim
    4. Bisa di root gk??

    ReplyDelete
  6. Gan, stiap Kali d charge ko restrat lgi. .
    Solusix gmna

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel