Cara Mengatasi "Error Object Tidak ditemukan" pada Aplikasi Dapodikdas Terbaru 2014

Sehubungan Dengan Banyaknya teman-teman Operator Sekolah (OPS) yang sering mengalami "Error Object Tidak ditemukan" pada aplikasi Dapodikdas, disini Wd-kira akan membagikan tips tentang Cara Mengatasi "Error Object Tidak ditemukan" pada Aplikasi Dapodikdas Terbaru 2014. Setelah Wd-Kira amati dari aplikasi tersebut yang menggunakan web server sebagai platform untuk menjalankan aplikasi Dapodikdas tersebut, Siang tadi Wd-Kira melakukan beberapa percobaan untuk mengatasi masalah "Error Object Tidak ditemukan" yang sering terjadi pada aplikasi Dapodikdas.

Admin Wd-Kira yang juga sebagai Admin OPS disebuah sekolah menengah swasta di kecamatan sekaran-Lamongan-Jawa Timur juga sering mengalami "Error Object Tidak ditemukan" pada aplikasi dapodikdas. Error tersebut juga ditandai dengan Munculnya Kolom Semester yang tidak dapat dipilih atau menjadi Genap /-NAN. Sebenarnya yang menyebabkan Error ini adalah Services dari Webserver dan Services Database dari Aplikasi dapodikdas yang tidak dapat membaca database yang ada pada komputer. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Nah disini Wd-Kira akan membagikan Tips untuk mengatasi masalah tersebut, tanpa harus kehilangan Data yang telah teman OPS entri kedalam aplikasi Dapodikdas.
Jika Sahabat OPS mengalami "Error Object Tidak ditemukan" pada aplikasi Dapodikdas, jangan terburu-buru untuk menginstall ulang aplikasi tersebut, karena hal ini akan mengakibatkan sobat OPS mengalami kehilangan data yang sebelumnya sobat entri ke aplikasi DAPODIKDAS tersebut.

 Cara Mengatasi "Error Object Tidak ditemukan" pada Aplikasi Dapodikdas Terbaru 2014

  • Langkah pertama yang harus sobat OPS lakukan adalah Melakukan Backup database terlebih dahulu untuk menyelamatkan data yang telah sobat entri sebelumnya. Untuk melakukan Backup sobat dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
  • Buka Windows Explorer (Tekan dan tahan "Tombol dengan gambar Windows" pada keyboard lalu tekan lagi tombol dengan huruf "E" pada keyboard)
  • Selanjutnya Pilih Direktori "C: Program File/ Dapodikdas/Database" dan Copy Folder database tersebut ke Partisi D: atau yang lainya, Bisa juga ditaruh Flashdisk terlebih dahulu.
  • Setelah itu Uninstall Aplikasi Dapodikdas Yang Telah Error Tadi dengan cara Klik START => Control Panel => Programs => Uninstall Programs => Pilih Dapodikdas dan klik Uninstall
  • Setelah itu Install Kembali Aplikasi Dapodikdas versi terbaru (Untuk saat ini versi terbarunya adalah Versi 2.0.6)
Setelah Sobat Selesai Menginstall Kembali Aplikasi Tersebut, Jangan buka dulu Aplikasi Dapodikdas ini. Yang Sobat harus lakukan terlebih dahulu adalah mematikan Services dari Webserver dan Services Database Dari Aplikasi dapodikdas yang telah secara Otomatis aktif setelah installasi tadi.
Cara Mematikan Services Webserver dan Database Aplikasi Dapodikdas 
  1. Klik Start dan ketikkan Kata " Service " (Tanpa tanda petik) Maka akan muncul file Services.msc dan silahkan klik file tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut 
  2. Selanjutnya Kalian Akan masuk ke halaman Services, Silahkan cari Services dari Webserver dapodikdas dan Services dari Database Aplikasi Dapodikdas, Setelah ketemu selanjutnya Klik Kanan dan pilih Stop 
  3. Setelah Kedua Services tersebut telah anda STOP, Jangan Tutup dulu Jendela Services ini karena nanti kita akan menyalakanya lagi. Langkah Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah Mengembalikan database yang sebelumnya telah sobat OPS Copy Ke Flashdisk tadi ke "C:/ Program Files /Dapodikdas" Jika muncul konfirmasi bahwasanya file database sudah ada, silahkan klik Copy And Replace
  4. Setelah Database aplikasi Dapodikdas tadi telah sobat OPS kembalikan, Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan kembali kedua Services yang tadi telah kita STOP, Silahkan Buka Jendela Services yang telah sobat OPS buka tadi (jika sudah terlanjur ditutup, sobat OPS bisa mengulangi langkah nomer 1 diatas). Kemudian pada jendela Services tersebut silahkan Cari File services yang bernama DapodikdasDB dan DapodikdasWebSrv, Silahkan klik kanan satu persatu dan pilih Start.
Langkah untuk Cara Mengatasi "Error Object Tidak ditemukan" pada Aplikasi Dapodikdas Terbaru 2014 telah berhasil, selanjutnya silahkan coba buka aplikasi dapodiksdas, Jika Error Obyek tidak ditemukan sudah tidak muncul, Berarti Sobat OPS telah berhasil memperbaiki masalah tersebut.

Jika Aplikasi dapodikdas sudah dapat sobat OPS buka dengan baik, selanjutnya silahkan login dengan email dan password yang sebelumnya telah sobat gunakan. Sobat tidak perlu lagi melakukan registrasi ulang karena Password dan email masih tersimpan pada database yang telah sobat replace tadi.

Demikian tutorial tentang Cara Mengatasi "Error Object Tidak ditemukan" pada Aplikasi Dapodikdas Terbaru 2014 yang dapat wd-kira share kali ini, semoga dapat bermanfaat buat sahabat OPS diseluruh Negeri. Terimakasih telah bersedia Berkunjung dan menyempatkan diri untuk membaca artikel ini, Salam OPS seluruh Indonesia, Semangat Buat Yang Masih Lembur.......!!!!

Advertiser

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon