-->

Pengalaman Pasang TWRP, root hingga Pasang Custom Rom Zenfone Max (Z010D)

Dalam posting kali ini, saya selaku admin blog Wd-Kira akan berbagi sedikit pengalaman saya menggunakan smartphone Asus Zenfone, mulai dari pengalaman melakukan pemasangan TWRP (Custom recovery) Rooting, hingga mengganti OS atau Rom dengan Rom lain atau Custom Rom.

Pada awal mula, smartphone yang saya gunakan adalah smartphone Asus Zenfone 5 (T00F), pada saat menggunakan smartphone ini, saya masih benar-benar awam dalam dunia oprek-mengoprek smartphone android. Namun setelah sekitar satu tahun menggunakan Asus zenfone 5, kemudian saya memberanikan diri untuk melakukan root, memasang Custom recovery, unlock bootloader dan juga melakukan penggantian kernel dengan Custom kernel, menambah fitur double tap to wakeup dan lain sebagainya.
wd-kira, pengalaman pasang twrp, root hingga pasang custom rom zenfone max (z010d), mengoprek android marshmallow,  cara memasang android nougat pada zenfone max, rasanya menggunakan android versi terbaru

Namun pada saat menggunakan smartphone Asus Zenfone 5 ini saya masih belum berani melakukan penggantian Rom dengan Custom rom dikarenakan pada saat itu saya melihat di berbagai forum banyak yang mengatakan bahwa Custom rom untuk Zenfone 5 (T00F) pada saat itu masih terdapat banyak bung (alasan klasik bagi amatir)

Berganti smartphone dari Zenfone 5 (T00F) menjadi Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)

Setelah puas menggunakan smartphone Asus Zenfone 5 selama dua tahun, Hingga akhirnya pada Agustus tahun 2016 lalu, saya kemudian berniat untuk mengganti smartphone zenfone 5 milik saya dengan smartphone baru, yaitu Zenfone Max ZC550KL (Z010D) yang dibekali dengan Ram 2 Gb dan Internal Memory 32 Gb dan baterai sebesar 5000Mah yang saya rasa cukup untuk seharian bekerja tanpa melakukan charging.

Hari pertama menggunakan smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) saya langsung mendapatkan upgrade OS dari versi android Lollipop ke android Marshmallow. Dikarenakan saat itu android marshmallow sedang populer dan banyak teman-teman di beberapa Group facebook membahasnya, jadi saya juga ikut penasaran, bagaimana sih tampilan dari android Marshmallow ? dan apa fitur baru yang ada pada android marshmallow ? Akhirnya saya melakukan upgrade ke android versi terbaru saat itu, yaitu android Marshmallow dan saya pun merasakan banyak fitur baru yang diberikan oleh asus.

Namun hari demi hari, saya merasakan smartphone saya, Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) menjadi semakin berat, mengingat Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) adalah smartphone yang difokuskan ke daya tahan baterai, jadi kinerja cpu tidaklah segarang Asus Zenfone 5 milik saya dulu, ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi bawaan pabrik yang saya rasa tidak begitu berguna, seperti share Link, remote Link dan lain sebagainya, sehingga Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) ini makin melambat dan ketika hanya digunakan  untuk memainkan Games sederhana seperti Clash of clans atau clash royale pun sudah mengalami lag.

Melakukan Root Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) Android Lollipop

Hingga satu hari di bulan September tahun 2016, (Zenfone Max milik saya baru berumur satu bulan dan masih garansi) saya memberanikan diri untuk melakukan root pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)milik saya dengan niat untuk menghapus aplikasi bawaan pabrik yang tidak terpakai, namun ternyata untuk melakukan root smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) yang sudah menggunakan OS android Marshmallow tak semudah Asus Zenfone 5.

Untuk melakukan root pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) Android Marshmallow, kita diharuskan untuk melakukan unlock bootloader, kalau gak mau unlock bootloader, maka kita harus downgrade dulu ke versi android Lollipop. Wah bikin pusing juga waktu itu gan.

Akhirnya setelah membaca di berbagai forum dan bertekat untuk mencoba, akhirnya saya berhasil memasang Twrp recovery dan melakukan root pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)android Lollipop.

Silahkan baca tutorialnya : Cara Pasang TWRP dan melakukan Root pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) Lollipop.

Pada bulan Oktober 2016, saya menemukan sebuah tutorial di sebuah forum internasional yang membahas mengenai cara melakukan pemasangan TWRP Recovery dan juga cara melakukan root pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) Versi android Marshmallow tanpa Unlock Bootloader, sehingga saya bertekat untuk menghapus akses root dan mengembalikan recovery asli pada smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) milik saya, lalu memasang OS Marshmallow terbaru pada smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D).

Silahkan baca : tutorial cara unroot dan mengembalikan recovery asli Zenfone Max.

Memasang TWRP Recovery dan Root Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)android Marshmallow

Pada saat ini, smartphone saya dalam keadaan unroot dan terpasang recovery bawaan (stock recovery) dalam posisi android marshmallow versi terbaru. Kemudian saya bertekat untuk memasang TWRP recovery pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) android marshmallow. Dengan bermodalkan nekat, saya berusaha mengakali bagaimana caranya melakukan pemasangan TWRP dan melakukan root pada zenfone max marshmallow tanpa unlock bootloader. percobaan yang saya lakukan sudah berulang kali, namun tetap gagal. dan percobaan terakhir yang saya lakukan adalah dengan memasang kernel marshmallow beta. itupun dengan perasaan was was dan sedikit takut kalau gagal, dan ternyata saya berhasil melakukan pemasangan twrp dan juga melakukan root pada smartphone kesayangan saya tanpa harus melakukan unlock bootloader.

Silahkan baca : tutorial cara memasang twrp dan root Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) android marshmallow tanpa unlock bootloader.

Namun tujuan saya untuk menghapus aplikasi bawaan (bloat ware) belum terwujud dikarenakan beberapa aplikasi System tersebut justru akan merusak OS jika saya menghapusnya dengan paksa. Dan sementara ini saya hanya melakukan dissable aplikasi bawaan tersebut.

Memasang Custom Rom CyanogenMod 13 dan CyanogenMod 14 pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)

November 2016, saya iseng melakukan search di google tentang Custom rom yang cocok untuk Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D), dan saat itu saya baru menumukan Custom rom CyanogenMod 13 (android marshmallow), kemudian saya mencoba untuk melakukan pemasangan Custom rom CyanogenMod (CM 13) pada smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) milik saya dan ternyata banyak sekali perubahan yang saya rasakan, disamping lebih ringan dan smooth saat digunakan, OS CyanogenMod ini juga lumayan hemat baterai dikarenakan hanya aplikasi yang kita perlukan saja yang terpasang (tanpa bloat ware / aplikasi bawaan yang tak berguna).

Pada saat itu juga beberapa maintainer (orang yang mengembangkan OS android sesuai dengan perangkat kita) juga sudah mengembangkan OS CyanogenMod 14 (Android Nougat) untuk Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) namun bug atau kekurangan pada OS tersebut masih sangat parah, yaitu Mobile data tidak dapat digunakan, sehingga saya belum mau mencobanya.

Hingga akhirnya, salah seorang maintainer asal India menemukan perbaikan untuk bug pada CM 14 hingga kemudian saya mencoba cm 14 yang saat itu sudah stabil dan bisa digunakan sehari-hari.

Memasang Custom Rom Resurrection Remix Nougat pada Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)

Desember 2016, CyanogenMod mengumumkan di website resminya, bahwa akhir Desember 2016, CyanogenMod tidak lagi tersedia untuk smartphone, dan pada Januari 2017 akan berganti dengan LineageOS.

Seiring dengan hilangnya dukungan CyanogenMod, saya mencoba untuk menggunakan Custom rom Resurrection Remix versi 5.8.0 (android nougat) kebetulan seorang maintainer asal Malaysia telah melakukan build Custom rom Resurrection remix (RR) untuk perangkat Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) sehingga saya mencoba untuk mendownload dan memasangnya pada smartphone kesayangan saya.

Dan ternyata, Resurrection Remix OS memiliki tingkat stabilitas yang lebih baik dibanding dengan CyanogenMod, meskipun Resurrection remix Base nya juga berasal dari CyanogenMod. Salah satu hal yang membuat saya menyukai Resurrection remix adalah fitur yang diberikanya begitu banyak yang begitu Penuh dengan kustomisai. Beberapa fitur yang diberikan juga sangat berguna dalam penggunaan sehari-hari.

Mulai saat itu saya mengikuti terus perkembangan Custom rom Resurrection Remix hingga saat ini mencapai versi 5.8.3 dengan android nougat 7.1.2 yang hingga sampai saat ini masih terpasang pada smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)milik saya.

Custom Rom Lain yang sampai saat ini sudah saya coba pada smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D) diantaranya adalah :

  1. CyanogenMod 13
  2. CyanogenMod 14
  3. LineageOS 14.1
  4. Resurrection Remix
  5. AIM System
  6. AOSP
  7. AOSP Extended (AEX Rom)

Dan kemungkinan besar masih akan ada banyak lagi beberapa OS Android atau Custom rom yang akan saya coba dan juga di kemudian hari akan saya review dan InsyaAllah akan saya bagikan juga tutorial cara memasang Custom Rom untuk Smartphone Asus Zenfone Max (ZC550KL)/(Z010D)agar kamu juga dapat mencobanya pada smartphone kamu.

Itulah pengalaman saya (mungkin bagi kamu yang sudah master, pengalaman ini begitu norak) namun dengan modal nekat, bagi saya yang awalnya sangat awam dan tidak tau apa apa mengenai oprek, root, dan memasang Custom rom, dan hingga saat ini bisa merasakan android versi terbaru pada smartphone saya adalah hal yang sangat luar biasa dan menjadi kebanggan tersendiri dalam hati saya. :D

3 Responses to "Pengalaman Pasang TWRP, root hingga Pasang Custom Rom Zenfone Max (Z010D)"

  1. Keren gan
    Punya nomer wa,minta ilmu nya buat oprek zenfone max sya

    ReplyDelete
  2. mau tanya gan..
    biasa brp lama waktu yang terpakai saat pemasangan kernel beta ?

    ReplyDelete
  3. Bagaimana cara install customrom gan? Saya sudah berhasil root, tetapi masih unlock. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel