-->

Cara Mengatasi Laptop Asus dan toshiba Blank hitam

Beberapa hari yang lalu ada seorang teman yang meminta bantuan kepada WD-KIRA karena laptop yang dia miliki memiliki layar blank hitam namun masih terdengar suara startup dan masih telihat cursor. Memang selama ini saya dikenal oleh kebanyakan orang disekitar saya sebagai orang yang bisa memperbaiki komputer atau laptop, namun Jujur saja ini adalah kasus baru yang pernah saya tangani.

Setelah berfikir sejenak, akhirnya saya memutuskan untuk membawa laptop tersebut pulang dan saja menjanjikan kepada teman saya (pemilik laptop blank hitam tadi ) untuk memperbaikinya dirumah. Sesampainya dirumah, saya berfikir mengenai masalah laptop tersebut
" Jika Layar BlankHitam dan masih ada suara nada Startup terdengar, kemungkinan ada kerusakan pada LCD Laptop" Tapi kok  masih ada kursor ? Berarti LCD masih normal.
Lalu saya berfikir lagi " Jika yang rusak adalah Sistem Operasi Windows 7 yang di Install Pada Laptop tersebut tentu saja nada startup dan kursor tidak akan nampak dan terdengar.
Akhirnya saya menduga bahwa masalah ini ada kaitanya dengan Driver VGA laptop Asus tersebut. dan ternyata benar. Masalah tersebut memang terjadi pada Driver VGA Laptop Asus tersebut. lalu bagaimana cara mengatasinya? sedangkan layar udah Blank Hitam, bagaimana cara meng-Install Driver VGA Laptop ASUS tersebut ?

Sobat WD-Kira mau tau caranya ? Baiklah Memang sebaik-baik manusia adalah manusia yang dapat memberi manfaat kepada manusia lainya. hehehe..... Silahkan Simak Cara berikut.


Cara Mengatasi Layar Laptop ASUS Blank Hitam dengan Cursor di tengah

  • Langkah pertama, Nyalakan Laptop yang mengalami masalah Blank hitam dengan kursor yang masih nampak tadi.
  • Sebelum masuk Windows atau Booting silahkan tekan tombol F8 pada keyboard maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini pada layar laptop asus milik sobat
http://wd-kira.blogspot.com/2013/12/Cara-Mengatasi-Laptop-Blank-hitam.html
  • Jika obat sudah melihat tampilan seperti pada gambar diatas, silahkan pilih Save mode dan tekan Enter pada Keyboard maka laptop sobat akan measuk ke Windows versi save mode
  • Langkah selanjutnya silahkan masuk Ke Device Manager caranya klik kanan pada my Computer dan pilih Properties lalu pilih Device Manager pada Panel sebelah kanan.
  • Setelah itu pada Device manager akan tampil Beberapa List dari Driver yang terinstall pada laptop Asus Sobat.
  • Silahkan Pilih Display Adapter lalu klik kanan dan pilih Uninstall
http://wd-kira.blogspot.com/2013/12/Cara-Mengatasi-Laptop-Blank-hitam.html
  • Setelah itu silahkan Restart Laptop Sobat, dan biarkan laptop booting secara normal (tidak masuk save mode) 
  • Dengan begini laptop milik sobat sudah tidak blank hitam lagi. Namun Tampilan layar belum optimal, lihat saya tulisan pada layar yang masuh begitu besar dan tombol start windows 7 yang masih lonjong belim bisa tampil sebagai lingkaran Sempurna.
  • Langkah Terakhir silahkan Install Driver VGA milik sobat yang disertakan pada saat pembelian.
  • Setelah selesai Installasi Driver, silahkan Restart kembali Laptop Sobat dan Lihat Hasilnya.
  • Taraaaaaa....... ! sekarang laptop Asus Milik Sobat sudah tidak Blank lagi dan memiliki Tampilan tang begitu tampan :D
Cara tersebut diatas adalah untuk Laptop ASUS, namun buat sobat yang punya Masalah seperti Diatas pada Laptop TOSHIBA jangan hawatir karena Untuk mengatasi Layar Blank pada TOSHIBA juga sama seperti Diatas. Selamat Mencoba.
Demikian Sedikit Tutorial Cara Mengatasi Laptop Asus dan toshiba Blank hitam oleh WD-Kira. Cara ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri, jadi jika ada permasalahan atau ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah menyempatkan membaca artikel yang masih amburadul ini, Semoga bermanfaat.

Tips Update : Buat sobat Wd-Kira yang mengalami kesulitan dalam masuk SAVE MODE, sobat bisa membaca tutorial berikut :  Cara masuk Save Mode

59 Responses to "Cara Mengatasi Laptop Asus dan toshiba Blank hitam "

  1. Mantab sobat,, telah ane praktekin di laptop saya, dan ternyata,, berhasil, laptop saya menjadi tampan :D

    ReplyDelete
  2. kalo nggak ada driver VGA nya gi mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download di google banyak sob. Thanks atas kunjunganya....

      Delete
    2. Cari drivernya pake cara ini lebih mudah sob.
      http://wd-kira.blogspot.com/2014/03/Cara-Mengatasi-Driver-laptop-yang-tidak-kompatibel.html

      Delete
  3. sob,,,punyaku jga bermasalah kayak gtu,,,pe setlh save mode,,,,tampil loaded system,,,,truz,,,tampilannya tetep hitam,,,,
    gmn ne sob,,,??????please bntu akku donk,,,,,

    ReplyDelete
  4. sob,,,,akku ge nyoba trik dri kamoe,,,pe hasilnya ttep layar.a hitam,,,,setlah masuk ke save mode,,muncul loaded system,,,,truz,,blek ge tampilan layarnya hitam dengan kursor di tengah,,,
    gmn,,,,,,,??? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  5. mas layarnya tetap hitam,,,gmna,,?mohon bantuannya

    ReplyDelete
  6. @Faza : Kalau sudah mengukuti tutorial diatas tapi layar masih hitam, Coba Gunakan Driver lain yang lebih kompatibel dengan VGA Card yang digunakan pada laptop sobat. karna Kemungkinan besar masalahnya adalah karena Driver yang telah terinstall tersebut tidak kompatibel.
    Makasih semoga membatu !

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah laptop saya juga sama kaya @faza cara mengatasi.a gmn gan saya udah pusing bngt

      Delete
  7. Sob ente kan master, ane pengen tanya, kenapa setiap saya internetan selang berapa menit layar tuh blank abis itu kembali normal (seperti berkedip), namun jika saya tidak internetan tidak ada masalah, itu gimana sob? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Luthfi Hamid
      Hal itu terjadi karena ada beberapa IC yang Lemah pada motherboard laptop sobat. Saran saya mending bawa ke service center terdekat, karena hal ini agak rumit dan gak mungkin kita perbaiki sendiri. Makasih semoga membantu.

      Delete
  8. Ikutan nimbruung
    Laptop saya barusan juga blank dengan kursor di tengah.
    Trus udah nyobain langkah 1 dan 2.
    Tapi abis mencet F8 dan ditunggu-tunggu, tetep gamau nongol tampilan save mode dll.
    Kenapa ya?
    Apa ngaruh windowsnya? Punya saya windows 8
    Terimakasih banyaaaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Qonite QA
      Tekan F8 sebelum laptop masuk ke Windows. Jadi setelah kamu menyalakan laptop dengan menekan tombol power, langsung saja silahkan tekan F8 berulang-ulang sampai tampilan save mode ini muncul.

      Kalau menekan tombol F8 ini telat, ya gak akan muncul save mode.
      Makasih, Semoga membantu.

      Delete
    2. ka'admin masalah saya sm kayak Qonite QA trus gmn donk? mw dimatiin instant pk tombol power dyax mlh sleep..... gmn dong k'admin,,,,,????

      Delete
    3. Siti : Kalau mau mematikan laptop hang itu bisa dengan cara ditekan tombol powernya sambil ditahan sampai lampu indikator pada laptop tersebut mati.
      kalai cuma ditekan biasa ya emang jadi sleep.

      Delete
    4. Kak kalo aku layar lcdnya blank item gara" di tidurin layarnya itu juga gak Lama terus tiba" layarnya blank item kadang suka ada gatis horizontalnya
      Mohon bantuannya kak

      Delete
    5. klo saya asus win10. safe mode nya pke f1, trubleshoot, setting, restart, safe mode

      Delete
  9. Klo safe modenya juga blank gimana sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo save mode gak mungkin blank bro, soalnya save mode itu menggunakan sistem windows murni tanpa driver tambahan, tanpa aplikasi pihak ketiga. kalo save mode masih blank, mungkin terjadi masalah dengan hardware milik sobat, coba cek VGA card, cek LCD milik sobat. Thanks

      Delete
    2. laptop saya safe mode.a juga nge blank gan vga saya dah cek bagus
      lcd bagus apa.a tuh ia mohon bantuan.a gan
      tampilan.a sama cuma da kursor.a az

      Delete
  10. Udah di tekan F8 tapi gak muncul tampila seperti di atas malah booting trus masuk windows, gimana caranya biar bisa masuk tampilan kaya di atas?

    ReplyDelete
  11. Tampilan safe mode nya gak muncul malah booting, cara nya gimana biar bisa masuk safe mode

    ReplyDelete
  12. gan kalo punya ane rusak nya karena api-ms-win-core-console-l1-1-0.dll error
    kalo pake safe mode tetap aja blank gan, gimana solusi nya gan

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. +Nisa Friska : Untuk Windows 8 Caranya sama seperti yang sudah dijelaskan pada tutorial diatas.

      Delete
    2. Saya mempunyai masalah seperti notebook saya layarnya hitam tpi lampunya hidup ditambah lagi saya tifak nosa mematikan tombol mati. Mohon bantuannya teriimakasih

      Delete
  14. Ass...min kalu untuk notebook asus, stelah mngkuti langkah 1-6 gmna cara instal driver vga ny..mohon bantuan nya.. notebook sy asus meego

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ridwan : kalau udah punya driver VGA ya tinggal install aja seperti install aplikasi lainya.

      Delete
  15. gan mau tanya ,,gman ya cari memperbaiki lattop yang layarnya hitam gara-gara instal BIOS,,,?
    mohon bnatuannya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aswar : Wah maaf sob, saya belum pernah install bios, jadi kurang faham.

      Delete

    2. sblum mengupdate bios mendingan di pikir matang2 dl gan. org update bios bys krn mobox dh ktgaln jaman. j dh siap apapun yg terjadi. resiko update bios 50/50. update online klu tb2 jaringn /listrik mati di saad blum kelar. langsng mobox gk bs di pake alias mati total gan sm dgn update ofline klu lstrik mati tiba2 atau gagal kr ada file corup.. lngsng mati total. sm kyk hp klu update android n tb2 hbs btre/jrgn terptus past mati total.

      Delete
  16. Ka, setelah saya menci cRa diatas dan saya tekan f8 tapi gak ada yang muncul apqkah ini gara" windows8 . Apa laptop saya rusak padahal ini baru dua minggu lo ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nova : jika tidak bisa masuk ke save mode dengan cara tersebut, silahkan baca tutorial cara masuk save mode berikut. silahkan ikuti cara yang kedua.

      http://wd-kira.blogspot.com/2014/08/dua-cara-masuk-save-mode-pada-windows.html

      Delete
  17. Ka, ko setelah ditekan f8 tetep gak ada yang muncul, apakah laptop saya rusak padahal baru lo

    ReplyDelete
  18. Ka masalah saya juga nggak jauh beda gara" layarnya aku tidurin mendadak layarnya kabur terus hitam ada garisnya
    Udah di coba cara di atas tetep aja
    Tolong bantuannya kak!
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya eka itu LCD rusak karena terkena tekanan yang berlebihan. Satu satunya cara untuk mengatasinya harus ganti LCD baru. Harganya sekitar 600 ribu.
      Semoga membantu... Terimakasih.

      Delete
  19. Gan, maaf melenceng, laptop kalo di shutdown, tapi masih hidup cuma lcd na yg mati, itu gmna gan.mohon pencerahan

    ReplyDelete
  20. Gan, kalau sy pke notebook toshiba tpi rusaknya pas setelah logo toshiba sesudah itu langsung blnk hitam, nggk tau ap masalahnya

    ReplyDelete
  21. Gan laptop ane tampilan blank suara ada,kursor tidak ada solusinya apa gan

    ReplyDelete
  22. thx gan infonya bermanfaat nih

    ReplyDelete
  23. Gan , q udh coba tkan tombol f8 , tp kok gk terjadi apa" za ?
    Layar ttap hitam kursor di tengah .
    Kira" knpa za ?
    Mohon infonya , thanks

    ReplyDelete
  24. Bang barusan udh aku coba langkah2 tersebut,setelah selesai aku restart berhasil bang,cuman aku coba restart yg kedua kalinya kambuh lg bang(blank lagi) mohon bantuannya bang,mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan kamu sudah menginstall deriver vga yang cocok dengan perangkat laptop kamu ya. agar tidak kembali blank saat restart.
      terimakasih semoga membantu.

      Delete
  25. laptop saya Asus , layarnya blank hitam tapi setelah tekan tombol f8 tetap saja tidak muncul apa apa, trs apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
  26. gan kalau laptopku (asus x45u) itu blankx pada saat di restart... jadi harus dimatiin paksa dlu baru di hidupin lagi, normal lagi tuh laptop... itu apanya ya bro???

    ReplyDelete
  27. Iyaa om nih, kenapa ngga ngaruh apa apa ya ketika ditekan f8 dan cara kedua jugaaa. mohon bantuan laptop aku baruuuu huhuuuu

    ReplyDelete
  28. Gan laptop saya asus windows 8 itu mau saya pake terus tiba tiba keluar pemberutauan kayak "your pc into problem and need to restart" nah layarnya mati terus saya tekan button power (yg buat nyalain ) f8 tp gak mau nyala . kasih tau gimana gan

    ReplyDelete
  29. Maaf pengen tanya waktu itu notbook asus saya jatoh dari atas lemari dan semenjak itu kadang" kalo lagi pake notbooknya ngehang gak bisa diapa"in kursornya keliatan tapi gak bisa digerakin dan masih ada suara cuman layarnya tiba" berubah warna dan gak bisa ngapa"in kira" kenapa yah ??
    Tolong dibantu terima kasih :)

    ReplyDelete
  30. punya saya malah parah banget. gak ada tampilan sedikitpun. pas on lampu nyala.di layar gak tampil apapun.mending kalo masih ada kursor bisa pake cara itu. gimana bos mohon bantuannya

    ReplyDelete
  31. Saya sudah tekan tombol f8nya, tp gk seperti yg di gambar min, tolong bantu

    ReplyDelete
  32. Kak mah nanya dong, asus aku X441N, layarnya blank kan, trus aku ikutin petunjuknyaa kakak, waktu tekan tombol f8 ngak ada respon kak, gmna dong?

    ReplyDelete
  33. Bang kalo laptop gua masalahnya jadi blank hitam gara-gara cuman ganti pasta pendingin udah jadi blank solusinya gimana gan??

    ReplyDelete
  34. silahkan pastikan pemasangan heatsink dan permukaan prosessor sudah tepas, rapat dan pengunci dalam keadaan kencang gan.

    ReplyDelete
  35. Kak bagaimana jika gk ada cursornya tapi masih bunyi mesinnya

    ReplyDelete
  36. Gan kalo punya saya notebook asus,pas dinyalain layarnya mati dan lampunya hidup tp waktu disenter layarnya ternyata kayak redup. Nah itu gimanaya mohon bantuanya.
    Trimakasih.

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel