Cara Flash Asus Zenfone Max dengan Full Firmware Stock Rom

Pada kesempatan hari ini wd-kira akan membahas sebuah tutorial mengenai bagaimana cara melakukan flash secara penuh (Full Firmware) pada smartphone asus Zenfone Max. tutorial ini juga dapat kamu gunakan jika kamu mau upgrade langsung loncat ke versi terbaru tanpa melalui beberapa tahap versinya.

Sebagai contoh jika saat ini smartphone Asus Zenfone Max kamu sedang berada pada OS android Lollipop WW-12.8.10.56, kamu langsung dapat melakukan upgrade ke versi terbaru Marshmallow WW-13.8.26.54 dengan persyaratan kamu harus mengunduh file firmware versi WW-13.8.26.54 yang berukuran sekitar 1.5Gb

Selain dapat digunakan untuk melakukan upgrade, Flashing dengan cara full firmware ini juga dapat digunakan untuk downgrade lho. Sebagai contoh, jika smartphone kamu saat ini sedang dalam posisi android versi Marshmallow terbaru yaitu versi WW-13.8.26.54 dan kamu ingin downgrade ke Lollipop versi WW-12.8.10.82 kamu juga dapat melakukanya dengan sangat mudah. Persyaratanya sama, yaitu kamu harus punya file Firmware yang kamu tuju, yaitu android Lollipop untuk Zenfone Max versi WW-12.8.10.82 yang berukuran sekitar 1.5 Gb.
Cara Flash Asus Zenfone Max
Satu lagi fungsi yang ada pada metode flash full firmware, yaitu dapat digunakan jika kamu sedang menggunakan custom rom seperti CyanogenMod atau CM dan ingin kembali ke OS Android Asli bawaan Asus (Stock rom), kamu tinggal download firmware untuk Zenfone Max, terserah versi mana yang kamu inginkan, lalu lakukan flashing secara penuh (Full firmware).
Lalu bagaimana caranya melakukan Flashing secara penuh (Full Firmware) Pada smartphone Asus Zenfone Max ? Caranya sangat mudah, dan sebelum masuk ke tahap Flashing, mari kita siapkan Alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Alat dan Bahan Untuk Flash Asus Zenfone Max

1. Laptop / PC (Windows 7 keatas)
2. Kabel data USB
3. Adb Driver Installer untuk Windows
4. File ADB Fastboot
5. Stock Recovery Zenfone Max

Setelah alat dan bahan telah terkumpul, jangan lupa download juga firmware atau android yang kamu tuju, silahkan pilih versinya dibawah ini.

Firmware Android Asus Zenfone Max (Stock Rom)

Setelah alat , bahan telah dan juga Firmware android terkumpul, sekarang mari kita masuk ke tahap persiapan sebelum flashing.

[Tahap pertama] persiapan Sebelum Flashing

  • Aktifkan USB Debugging pada Smartphone Asus Zenfone Max (Silahkan Baca Cara mengaktifkan USB Debugging)
  • Install ADB Driver Installer pada Laptop atau computer (Saat proses installasi, smartphone harus terhubung ke Laptop dengan kabel data USB)
  • Extract file ADB Fastboot pada computer
  • lalu masukkan file recovery_stock.img kedalam Folder ADB Fastboot
  • File Firmware Android Zenfone Max yang berukuran 1.5 Gb tadi (Jangan di Extract). silahkan masukkan kedalam folder ADB Fastboot 

[Tahap Kedua] Proses Flashing Stock Recovery

  • Langkah pertama, Buat smartphone Asus Zenfone max kamu masuk ke CSC mode dengan cara Matikan smartphone seperti biasa, lalu nyalakan dengan cara tekan dan tahan tombol volume Up lalu tekan dan tahan juga Tombol power, jika smartphone bergetar dan menyala, silahkan lepaskan kedua tombol
  • Langkah ke Dua, Hubungkan smartphone ke Laptop atau computer dengan kabel data USB
  • Langkah ke Tiga, Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard Laptop atau computer kamu, lalu klik kanan pada Folder ADB Fastboot , kemudian pilih Open Command Window Here sehingga tampil halaman CMD
  • Langkah ke Empat, Pada halaman CMD tadi silahkan Ketik Perintah fastboot flash recovery recovery_stock.img kemudian tekan enter pada keyboard computer
  • Langkah ke Lima, Tunggu hingga proses pemasangan Stock Recovery selesai.
  • Langkah ke Enam, Jika proses pemasangan stock recovery telah selesai, silahkan cabut kabel data, lalu matikan smartphone kamu dengan cara Tekan dan tahan tombol volume down dan juga tombol power, Jika smartphone telah mati, langsung lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Langkah ke Tujuh, Nyalakan kembali smartphone kamu dengan cara Tekan dan tahan tombol volume Down lalu tekan juga tombol power, sehingga smartphone kamu masuk ke Mode Recovery.

[Tahap Ke Tiga] Proses Flashing Full Firmware

  • Setelah masuk ke mode Recovery, silahkan hubungkan kembali smartphone kamu ke laptop atau computer dengan kabel data.
  • Pada menu recovery Smartphone kamu, silahkan pilih Apply Update From ADB
  • Sekarang kembalikan perhatian kamu ke Laptop atau computer kamu, lalu ketik perintah Berikut pada halaman CMD tadi
Adb sideload nama_firmware.zip 
  • Lalu tekan tombol Enter pada Keyboard laptop atau Komputer.
Keterangan Perintah: Silahkan ganti nama_firmware.zip dengan nama firmware yang akan kamu flash ke samrtphone yang telah kamu masukkan kedalam folder ADB Fastboot tadi.
Sebagai contoh saya akan memasang Firmware android Marshmallow terbaru berate perintah yang saya ketik adalah adb sideload  UL-ASUS_Z010-WW-13.8.26.50-user.zip

Selanjutnya, silahkan tunggu hingga proses selesai dan secara otomatis smartphone kamu akan memasang firmware tersebut.

Jika pemasangan Firmware telah selesai, jangan lupa lakukan Wipe data / factory reset dan juga wipe Cache partition pada smartphone kamu, kemudian rebot system now
Selesai dan kini smartphone kamu telah menggunakan versi android baru seperti bawaan pada saat baru membeli dari pabrik.

Itulah cara untuk melakukan flashing atau Flash Smartphone Asus Zenfone Max secara penuh (Full Firmware). Silahkan baca tutorialnya dengan teliti dan ikuti langkah demi langkah agar kamu berhasil untuk melakukanya.

Demikian tutorial tentang cara melakukan flash asus Zenfone Max (ZC550KL) dengan menggunakan Metode Adb Sideload. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

13 comments

Mantapbgan artikelnya, sebagai pengguna zenmax saya sangat terbantu.

Gan , kenapa keteranganya seperti ini cannot read 'UL-ASUS_Z010-WW-13.8.26.50-user.zip ? padahal udah di sesuaikan.

mohon bantuannya

gan. statusnya
error: protocol fault (no status)
kenapa ya ini????

Admind...
Klo mau ganti SKU nya ad cara g gan...dlm hal ini mau ganti SKU
CN ke WW...Plis bntu mind..tksih..

Admind..
Klo migrant SKU caranya gimana Mind...adkah cranya...
Dlm hal ini sy mau migrant ian SKU CN ke WW...Plis bantu Mind...tksih

Ammank Amanda : Silahkan ikuti tutorial diatas dan otomatis ponsel kamu akan berubah ke SKU WW

gan, pas mau adb sideload, cannot read. gimana ya? tolong fast respon

Faris ar rasyid, itu artinya file yang kamu flash belum berada dalam satu folder dengan file fastboot. jadi silahkan taruh file tersebut kedalam folder fastboot

Tksih mind...
Sngat mmbantu...
Sukses slalu mind..blognya jempol..

pastikan file firmware sudah berada dalam satu folder dengan file adb fastboot

saya udh taruh file'nya dlm satu folder masih gk kebaca rom'nya gan, gmn itu?

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon