Hal yang harus diperhatikan sebelum merakit Komputer

Pada kesempatan kali ini Wd-kira akan berbagi tips tentang Hal yang perlu diperhatikan sebelum merakit komputer atau PC Desktop. Di Era atau masa saat ini pengguna Komputer Desktop atau PC sudah mulai berkurang jumlahnya, hal ini dipengaruhi oleh Munculnya Laptop atau Notebook yang dinilai lebih Simple dan mudah digunakan dimanapun kita berada. Namun demikian, Komputer Desktop atau PC masih banyak digunakan di Perusahaan-perusahaan besar atau Instansi Pemerintahan atau pendidikan, Banyak juga Sahabat Wd-Kira yang masih memilih Komputer Desktop atau PC sebagai pengganti Notebook atau sekedar sebagai Hiburan bermain game dirumah.

Berbeda dengan notebook atau laptop yang semua komponen hardwarenya sudah onboard atau sudah include menjadi satu paket, PC atau komputer densktop dapat dibeli setiap masing-masing komponenya secara terpisah. Dengan demikian Sobat WD-kira juga dapat belajar atau mempraktekan langsung untuk merakit komputer Desktop atau PC tersebut sendiri. Namun Sebelum Merakit Komputer Desktop atau PC ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Yaitu :
  • Tentukan Kegunaan Komputer Desktop Yang akan kita Rakit
  • Spesifikasi komputer Disesuaikan Sesuaikan dengan Kebutuhan kita.
Setelah Sobat menentukan dan telah memilih spesifikasi komputer yang akan sobat rakit, Misalkan sobat wd-kira ingin merakit komputer Desktop yang akan sobat gunakan untuk bermain game yang lumayan Berat, sobat harus memilih spesifikasi dari komputer yang lebih tinggi. Nah Disini akan wd-kira berikan Tips-Tips membeli Hardware komputer sebelum kita merakitnya sendiri.

wd-kira, Hal yang harus diperhatikan sebelum merakit PC Terbaru 2014, merakit komputer sendiri, cara merakit komputer,

Hal yang harus diperhatikan sebelum Merakit Komputer Desktop atau PC

  • Motherboard - Motherboard adalah komponen utama komputer yang berfungsi sebagai papan induk sebagai tempat untuk memasang komponen hardware komputer lainya. Komponen yang satu ini adalah Hardware yang harus sobat dahulukan ! Karena hampir seluruh komponen lainya akan mengikuti jenis Slot dan Soket yang terdapat pada motherboard ini.
  • Prosessor  - Prosessor Merupakan otak dari komputer, ini adalah juga komponen terpenting dari komputer. Tips Sebelim membeli Prosessor : Perhatikan Jenis socket yang digunakan, Socket yang digunakan haruslah sama dengan socket yang digunakan oleh Motherboard yang telah sobat beli. yang kedua adalah kecepetan prosessor atau FSB haruslah disamakan dengan FSB yang digunakan oleh Motherboard yang telah sobat wd-kira beli.
  • RAM (Random Acsess Memory) - Random Acsess Memory adalah memory pemyimpanan sementara yang digunakan oleh komputer. Sebelum membeli RAM, sobat harus memperhatikan Jenis Slot yang digunakan. Sebaiknya sesuaikan dengan Jenis Slot RAM yang digunakan oleh Motherboard yang telah sobat beli. Jika Motherboard menggunakan Jenis Slot DDR3 maka RAM yang harus sobat beli juga Menggunakan Slot Jenis DDR3. Yang kedua, Perhatikan FSB, samakan dengan FSB yang digunakan oleh Motherboard dan Prosessor.
  • Hardisk - Hardisk juga tidak kalah penting dengan hardware yang telah wd-kira sebutkan diatas. Karena didalam hardisk inilah Software atau sistem operasi nantinya akan Diinstall. Hardisk juga merupakan media untuk penyimpanan data yang sobat miliki nanti. Sebelum membeli Hardisk, perhatikan jumlah kapasitas yang digunakan, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan sobat, setidaknya cukup untuk menampung data yang sobat miliki nanti.
  • VGA CARD- VGA CARD adalah sebuah kartu yang berfungsi untuk mengolah gambar yang akan ditampilkan oleh komputer kita pada layar monitor. Jika Sobat berniat menggunakan komputer yang akan sobat rakit sebagai PC Gaming, sebaiknya sobat memilih karti Grafis atau VGA CARD yang memiliki jumlah kapasitas lebih besar (Minimal 2 GB)
  • Monitor - Monitor adalah perangkat komputer yang bergguna untuk menampilkan gambar yang diolah oleh VGA Card. Untuk monitor tidak ada tips khusus, Namun Untuk tampilan yang lebih bagus, Sebaiknya sobat wd-kira memilih monitor jenis terbaru seperti LCD atau LED. Konon katanya Monitor Jenis LCD / LED ini lebih hemat Listrik.
  • Selanjutnya untuk komponen lainya seperti Keyboard, Mouse, DVD Drive, Speaker, Stavolt, tidak ada tips khusus. Silahkan sobat beli sesuai dengan selera sobat masing-masing.
Dengan menentukan Tujuan dan spesifikasi sebelum melakukan pembelian komponen hardware dan merakit komputer desktop atau PC sendiri, setidaknya akan membuat hasil dari PC rakitan kita lebih memuaskan dan tidak mengecewakan. Artinya spesifikasi komputer rakitan kita sesuai dengan yang kita inginkan. Tips - Tips merakit komputer ini wd-kira dapatkan dari pengalaman pribadi dalam merakit komputer untuk laboratorium komputer di SMP MUHAMMADIYAH 19 SEKARAN yang hingga saat ini adalah sebagai tempat bekerja saya selaku Admin WD-KIRA.

Demikian Sedikit Tips Hal yang harus diperhatikan sebelum merakit PC, Semoga bermanfaat buat sobat wd-kira yang berniat untuk merakit PC sendiri. Sobat tidak usah ragu atau hawatir gagal dalam merakit. karena Dengan Keberanian sobat akan meraih apa yang sobat wd-kira inginkan. Go Spirit !

Advertiser

4 comments

FSB (Front Side Bus) adalah jalur (bus) yang secara fisik menghubungkan prosesor dengan chipset northbridge pada motherboard.

Yang perlu diperhatikan, pastikan lebar jalur FSB dari Motherboard, Prosessor dan RAM harus Sama.

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon