-->

solusi ampuh memperbaiki tombol power android rusak

Pengalaman mengganti kabel fleksibel Asus Zenfone 5 karena tombol power rusak – buat sobat wd-kira pengguna smartphone Asus Zenfone 5 yang mengalami kerusakan yang seperti saya alami, mungkin kalian bisa mengikuti tutorial berikut untuk memperbaikinya. Tutorial kali ini berawal dari sebuah kejadian dimana saya diminta oleh seorang kakak yang kebetulan juga pengguna smartphone Asus Zenfone 5 dan smartphone Asus Zenfone 5 tersebut mengalami kerusakan pada bagian tombol power, sehingga samrtphone tersebut tidak dapat dinyalakan juga tidak dapat membuka kunci layar.

Memang keadaan tombol power yang rusak akan menjadi sangat rumit jika smartphone tersebut tidak dilengkapi dengan fitur Zenmotion atau double tap to wake up sehingga untuk membuka kunci harus menggunakan tombol power. Seperti yang kita tau bahwasanya smartphone Asus Zenfone 5 adalah smartphone buatan AsusTek Komputer generasi pertama dimana smartphone ini belum dibekali dengan fitur Double tap to wake up seperti Zenfone generasi terbaru. Sehingga Asus Zenfone 5 ini rentan mengalami kerusakan pada bagian tombol power karena tombol power adalah tombol satu-satunya yang digunakan untuk membuka kunci.

Untuk menghindari kerusakan pada tombol power biasanya saya memasang fitur Zenmotion atau fitur double tap to wake up dan double tap to sleep agar untuk membuka dan mengunci layar kita hanya perlu mengetuk layar dua kali, sehingga tombol power jadi awer dan tidak cepat mengalami kerusakan. Lalu bagaimana jika tombol power sudah terlanjur rusak ? bagaimana jika smartphone Asus Zenfone 5 sudah dalam keadaan mati karena kehabisan baterai namun tombol power rusak? Tentu saja kita tidak bisa menyalakan atau mengaktifkan smartphone kita. Lalu bagaimakaah solusi untuk mengatasi masalah tersebut?
cara mengganti tombol power Asus Zenfone 5 Rusak
Sobat wd-kira, buat kamu yang mengalami kerusakan pada tombol power, sobat tidak perlu hawatir, karena untuk memperbaiki masalah tersebut sangatlah mudah, kita tidak perlu pergi ke tukang servis smarphone, kamu hanya perlu membeli kabel fleksibel untuk tombol power smartphone Asus Zenfone 5 milik kamu. Karena memang untuk memperbaiki kerusakan pada tombol power Asus Zenfone 5 adalah dengan cara melakukan penggantian pada komponen yang bernama kabel fleksibel . Tombol power dan tombol volume ini sudah dalam satu paket, jadi kamu tidak dapat menggantinya sati persatu. Untuk tutorial cara mengganti kabel fleksibel tombol power pada Asus Zenfone 5, kamu bisa mengikuti tutorial yang wd-kira berikan, silahkan simak baik-baik agar tidak terjadi kesalahan.

Alat dan bahan untuk memperbaiki kerusakan tombol power Asus Zenfone 5


  1. Obeng kecil
  2. Kabel fleksibel untuk mengganti tombol power Asus Zenfone 5 (silahkan kamu beli di toko sparepart smartphone terdekat di daerah kamu)wd-kira sendiri membeli kabel fleksibel ini di sebuah toko di daerah kota Babat, kabupaten Lamongan dengan harga Rp 50.000, mungkin di toko lainya bisa lebih murah, dikarenakan saya butuh cepet jadi gak apa lah dengan harga segitu, mumpung lagi ada barangnya, soalnya disini memang agak susah untuk mencari sparepart kabel fleksibel tombol power Asus Zenfone 5.

Baiklah, jika semua alat dan bahan telah kamu siapkan, selanjutnya kita melangkah  ke tahap penggantian Kabel Fleksibel (Tombol power Asus Zenfone 5)

Cara mengganti Kabel Fleksibel Fleksibel (Tombol Power) Asus Zenfone 5 dengan mudah


  • Langkah pertama, matikan atau non-aktifkan smartphone kamu, kemudian silahkan buka cover belakang Asus Zenfone 5 yang akan diganti tombol powernya.
  • Langkah ke dua, silahahkan kamu buka semua baut yang ada, dengan menggunakan obeng kecil yang sesuai.
  • Langkah ke tiga, setelah semua baut telah terlepas, sekarang silahkan kamu buka cover yang menutupi baterai, pelan-pelan saja karena pada bagian sekitar baterai biasanya terdapat perekat seperti double tape
  • Langkah ke empat, setelah cover baterai telah terbuka, langkah selanjutnya adalah melepaskan kabel fleksibel lama yang telah rusak, silahkan kamu lihat pada bagian tersebut terdapat soket untuk menghubungkan kabel fleksibel tombol power ke mainboard smartphone. Untuk melepaskan kabel tersebut, Silahkan kamu congkel ke atas pada soket yang berwarna hitam, setelah itu tarik kabel fleksibel hingga terlepas

cara mengganti tombol power Asus Zenfone 5 Rusak

  • Langkah ke Lima, setelah kabel terlepas dari soket mainboars, sekarang silahkan kamu lepaskan tombol power dari body smartphone Asus Zenfone 5. Silahkan untuk melepasnya, kamu hanya perlu mengelupasnya dari bodi smartphone, karena tombol ini hanya direkatkan dengan lem seperti pada sticker.
  • Langkah ke enam, pada tomol power (kabel fleksibel) yang baru kamu beli tadi, disitu terdapat perekat seperti sticker, silahkan kamu lepaskan lapisan yang ada, kemudian tempelkan tombol power yang baru tadi ke body smartphone (pastikan posisinya pas seperti pemasangan tombol power yang sebelumnya)

cara mengganti tombol power Asus Zenfone 5 Rusak

  • Langkah ke tujuh, pastikan soket yang tadi masih terbuka (bagian hitamnya masih terangkat ke atas) silahkan kamu masukkan ujung kabel fleksibel dari tombol power  tadi ke soket pada mainboard smartphone. Jika pemasangan sudah benar-benar pas, selanjutnya silahkan kamu tutup kembali bagian hitam yang ada pada soket tadi.
  • Langkah ke delapan, langkah selanjutnya adalah menguji apakah pemasangan telah benar-benar sukses dengan baik, silahkan kamu tekan tombol power yang baru, jika sudah menyala, silahkan kamu test ketiga tombol tersebut, yaitu Tombol Power, Tombol Volume Up dan Tombol Volume Down.

Perhatian : jika ada salah satu tombol yang tidak berfungsi, silahkan kamu cek kembali pemasangan kabel pada soket yang ada pada mainboard smartphone dan pastikan kabel telah menancap dengan sempurna, tidak miring dan pastikan bahwa ujung kabel telah terbenam sempurna.

  • Langkah ke sembilan, jika semua tombol telah berfungsi dengan baik, silahkan pasang kembali cover baterai berserta baut yang telah kamu lepaskan tadi.
  • Langkah ke sepuluh, silahkan pasang kembali cover belakang smartphone Asus Zenfone 5 yang telah kamu lepaskan tadi.
  • Langkah ke sebelas, selesai dan kini tombol power pada smartphone Asus Zenfone 5 milik kamu telah berfungsi dengan sempurna seperti baru.


Itulah cara untuk mengganti kabel fleksibel atau tombol power pada Zenfone 5.buat Kamu yang belum pernah membongkar smartphone, kamu tidak usah takut untuk menggantinya sendiri, jujur saja wd-kira juga baru pertama kali ini membongkar smartphone sendiri. kalau tidak berani mencoba, kapan kita bisa memperbaikinya sendiri? Namun jangan asal bongkar juga ya… kalau memang smartphone kamu masih memiliki garansi dari pabrik, saya sarankan mending jangan dibongkar sendiri, lebih baik bawa ke service center untuk memperbaikinya.

Demikian tutorial kali ini mengenai cara mengganti tombol power Asus Zenfone 5 sendiri dengan mudah. Jika ada pertanyaan silahkan kirimkan ke Admin wd-kira melalui kolom komentar yang telah tersedia. Atau bisa juga kamu kirimkan pertanyaan kamu melalui halaman kontak yang telah tersedia pada halaman navigasi. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Regard

Widianto Hendro

1 Response to "solusi ampuh memperbaiki tombol power android rusak"

  1. Untuk penggantian tombol on off asus zenfone 6 model toog gimana om,,,,trims

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel