Bagaimana Cara Memperbaiki Registry yang di Disable oleh virus

Cara mengatasi registry windows yang di disable oleh virus, itulah judul yang wd-kira gunakan untuk postingan kali ini. Sesuai dengan masalah yang sedang saya tangani pada saat ini. beberapa jam yang lalu ada pasien baru yang datang ke wd-kira, yaitu seorang cewek yang membawa laptop acer aspire 4738z yang katanya semua programnya gak bisa dibuka, setelah saya cek ternyata memang benar, laptop tersebut telah terinveksi oleh virus. memang Masalah yang sering terjadi pada komputer dengan sistem operasi windows adalah virus. Penyakit komputer seperti ini memang sedang marak terjadi dibeberapa daerah di indonesia.

Sobat Wd-kira perlu berhati-hati dengan virus lokal indonesia yang saat ini banyak menyebar menginveksi komputer. Diantaranya virus yang paling mengganggu adalah virus Shortcut, ranmit atau sejenisnya yang cara kerjanya menyembunyikan file asli kita dan menggantinya dengan shotcut baru yang menyamar sesuai dengan nama file milik kita yang tersimpan pada komputer kita. Maka dari itu, sahabat wd-kira perlu mengetahui darimana media penyebaran virus berasal, atau darimana virus tersebut menginfeksi komputer kita ? Silahkan Sobat wd-kira baca 6 Jalan Masuknya virus ke komputer.

Cara membersihkan virus shortcut ini memang agak susah jika dibandingkan dengan virus buatan luar negeri seperti vorm, trojan dan lain-lain, karena virus buatan lokal indonesia ini tidak terdeteksi oleh Antivirus Buatan Luar negeri seperti Avast, AVG, Avira, Norton dan lain sebagainya. Namun Indonesia juga sudah punya Antivirus yang memang di khususkan untuk membasmi virus lokal, yaitu Smadav Antivirus. Namun terkadang virus shortcut tersebut tetap saja lolos dari pemindaian Antivirus Smadav. Salah satu cara untuk mengatasi virus shortcut ini adalah dengan memperbaiki Registry pada komputer kita. karena cara kerja virus shortcut ini memang dengan cera merubah beberapa settingan pada registry komputer.

Tetapi Masalahnya, Registry Editor pada komputer juga sudah terinveksi oleh virus tersebut, dan ketika dibuka malah muncul tulisan "Registry editing has been disabled by your administrator". Lalu bagaimana cara mengatasinya ? setelah sedikit mencari bantuan, akhirnya wd-kira menemukan cara mengatasi Registry yang telah di disable oleh Virus. Berikut caranya, Silahkan simak baik-baik sob :

Cara mengatasi Registry yang di disable oleh virus

  • Langkah pertama, Silahkan sobat Masuk Menu Run, yaitu dengan cara klik tombol start dan ketik CMD pada kolom search, atau bisa juga dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard laptop atau komputer lalu mengetikan CMD, lalu tekan enter.
Note : Jika CMD atau Command prompt juga di disable oleh virus, maka cara membuka cmd tersebut adalah dengan cara berikut :

  1. Buka Notepad
  2. Selanjutnya silahkan ketik cmd.exe pada notepad tersebut, lalu simpan file notepad dengan nama cmd.bat
  3. Selanjutnya, silahkan buka file cmd.bat tersebut, maka halaman command Prompt atau cmd akan terbuka.
  • Setelah Menu CMD atau command prompt terbuka, Silahkan ketik kode berikut pada Jendela CMD tersebut
reg delete HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v DisableRegistryTools

Penjelasan Penulisan Perintah

reg <spasi> delete <spasi> HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System <spasi> /v <spasi> DisableRegistryTool
  • Setelah perintah diatas selesai kamu ketik, kemudian silahkan tekan tombol Enter pada keyboard
  • Jika pada jendela cmd tersebut muncul pertanyaan "Delete Registry Value DisableRegistryTools?" Silahkan sobat ketik Y lalu tekan enter.
  • Setelah itu silahkan tutup jendela CMD tadi dan silahkan coba buka registry editor dengan cara masuk menu RUN atau dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard lalu ketik Regedit lalu tekan Enter.
  • Jika Menu Regedit sudah terbuka, berarti cara yang kita lakukan diatas telah berhasil.
Demikian Cara membuka Registry yang telah di disable oleh virus pada komputer dengan sistem operasi windows. Cara ini telah saya lakukan dan telah saya praktekkan pada laptop servisan  dengan sistem operasi windows 7 seperti yang telah saya ceritakan diatas dan memang berhasil. Jika sobet wd-kira sudah mencoba dan belum berhasil, kemungkinan ada beberapa step atau langkah-langkah yang salah, atau jika belum berhasil juga, sobat bisa bertanya kepada Admin wd-kira dengan cara meninggalkan komentar pada kotak komentar dibawah ini. 

Baiklah karena waktu sudah menunjukan jam 01.32 AM, ini artinya sudah waktunya admin wd-kira untuk beristirahat, Sampai jumpa lain waktu, Selamat mencobat, semoga berhasil dan tidak lupa Admin wd-kira mengucapkan banyak terimakasih karena sobat telah bersedia mampir ke blog WD-Kira yang sederhana ini. Sampai jumpa.

Advertiser

13 comments

Oh iya maaf. Gunakan cara ini untuk membuka cmd.
1. Tekan tombol Windows +R.
2. Ketik CMD
3. Setelah muncul CMD, Klik kanan, trus pilih Run as administrator. Good luck

ada tulisan gini di windows 7 proffesional

C:\Windows\system32\cmd.exe
No Such interface supported

gimana caranya gk bisa loh pa harus di default program laptop sya

100%work ga ni gan??
soalnya saya udah pakek banyak cara tapi tetep gak work
setiap mau buka file ekstensi seperti regedit muncul beginian C:\Windows\system32\cmd.exe
No Such interface supported

Sudah saya coba di windows 7 ultimate gan. Work

cmd nya jg ke buka nya di notepad gan gmn solusinya

Sudah saya update cara untuk membuka cmd yang di disable virus mas, silahkan dicoba. Semoga berhasil ya....

gan ketik cmd nya gimana pake spasi ga ... kurang ngerti

habis ketik cmd di enter apa gimanain?

Sudah saya tambahi penjelasan untuk penulisan perintah di cmd nya gan, silahkan dibaca kembali tutorialnya, semoga berhasil mengatasi cmd yang di disable virus

Hay gan,sya sdah msukn perintah diatas namun stelah di enter muncul tulisan gni "registry editing has been disabled by your administrator" nii gmna ya gan....mhon bantuannya dong

Hay gan,sya sdah msukn perintah diatas namun stelah di enter muncul tulisan gni "registry editing has been disabled by your administrator" nii gmna ya gan....mhon bantuannya dong

Regedit saya kebukanya cuma sedetik lalu mati lagi. Gimana solusinya?

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon