-->

mengatasi Virus Yang merubah Shortcut menjadi Notepad

Kali ini Wd-kira akan membahas mengenai Cara mengatasi virus komputer yang merubah semua shortcut Aplikasi menjadi notepad atau ber-ekstensi .txt. Pernahkah sobat mengalami hal semacam ini ? Dimana semua program yang ada pada komputer yang sobat miliki berubah menjadi aplikasi notepad. Tentu saja hal ini akan mempersulit kita dan hampir aktifitas kita dengan komputer di lumpuhkan oleh virus ini. Bagaimana tidak ? Semua aplikasi yang mau kita pakai, seperti mozila firefox, IDM, Microsoft Offices, Bahkan Windows Explorer dan Regedit pun juga sudah dirubah menjadi notepad.

Memang Virus yang menjengkelkan ya sob. hehehe Memang virus ini berkesan remeh sob, cara kerjanya juga sederhana, hanya merubah file Assosiasi dari windows saja, Namun Virus ini benar-benar menjengkelkan. Apalagi kalau kita sedang butuh komputer kita untuk mengerjakan tugas sekolah, kuliah atau tugas kantor yang buru-buru harus dikerjakan dalam waktu singkat, namun pekerjaan tersebut harus terganggu oleh virus tersebut. Wah wah wah.... benar-benar menjengkelkan ya.

Namun sobat wd-kira jangan hawatir, karna disini wd-kira akan memberikan solusi untuk mengatasi virus tersebut. Caranya sangat mudah kok. kita hanya perlu mengembalikan Registry Komputer kita yang telah di modifikasi oleh virus tersebut. Silahkan simak baik-baik ya sob, mari kita coba sama-sama.

Cara mengatasi Virus yang merubah Shortcut Aplikasi menjadi Notepad
  • Langkah pertama, silahkan sobat buka Registry Editor pada komputer sobat yang terkena Virus dengan cara masuk ke menu RUN (Windows + R ), lalu ketik Regedit dan tekan enter. 
  • Jika regedit tidak bisa dibuka atau sudah dikunci oleh virus tersebut, Silahkan baca Cara Memperbaiki Registry yang di Disable oleh virus .
  • Setelah Registry Editor terbuka, silahkan Masuk ke Kode Registry Berikut
Masuk ke HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Explorer \ FileExts \ .lnk

  • Pada Folder .lnk  terdapat dua Folder yaitu OpenWithList yang berisi kunci registry yang bernama (Default) dan Folder OpenWithProgids yang berisi (Default) dan lnkfile. Jika disitu terdapat kunci registry selain yang saya sebutkan diatas, silahkan hapus, karena itu adalah Kunci Registry hasil modifikasi oleh Virus.


  • Jika Ada registry asing atau selain yang wd-kira sebutkan diatas, silahkan Hapus, kemudian Restart komputer sobat.
  • Setelah selesai Restart, silahkan sobat lihat hasilnya, Semua Shortcut, Semua aplikasi yang tadinya dirubah menjadi Notepad, sekarang sudah kembali Normal seperti Semula.
Tutorial diatas Telah saya praktekan pada laptop saya dengan Sistem operasi windows 7, Jika sobat mengalami masalah tersebut pada windows 8, saya rasa cara mengatasinya tidak jauh beda kok dengan cara yang wd-kira gunakan diatas. Jadi apa salahnya mencoba, kalau tidak pernah mencoba, kapan kita akan tau? disini tujuan kita kan memang sambil belajar. Jangan pernah takut untuk mencoba, jangan takut salah, karena kesuksesan akan datang jika kita mau mencoba dan mau berusaha keras untuk belajar.

Demikian Sedikit Tutorial cara mengatasi Virus Yang merubah Shortcut menjadi Notepad yang dapat wd-kira bagikan kepada sobat. Jika ada hal yang perlu ditanyakan, silahkan sobat tinggalkan komentar pada kotak komentar dibawah postingan ini. InsyaAllah jika wd-kira tidak sibuk, pasti wd-kira jawab kok. Selamat mencoba, sukses selalu dan Terimakasih telah berkunjung.


12 Responses to "mengatasi Virus Yang merubah Shortcut menjadi Notepad"

  1. Replies
    1. Sama sama gan, semoga bermanfaat ya....

      Delete
    2. ada tulisan gini di windows 7 proffesional ane

      C:\Windows\system32\cmd.exe
      No Such interface supported

      gimana caranya gk bisa loh pa harus di default program laptop sya

      Delete
  2. Maaf mau tanya kalo yg dilaptop gue yg di ubah itu data microsoft office sama foto doang yg berubah jadi notepad gitu data yg lain sih ga
    itu sama juga

    ReplyDelete
  3. tapi saya gak ada file selain default dan ink file, tetap aja file-file saya jadi note, tolong solusinya

    ReplyDelete
  4. TERIMA KASIH BANYAK GAN ... AWALNYA AKU KAGET SAAT BUKA PC KOK JADI NOTEPAD SEMUA ... SEKALI LAGI TERIMAKASIH BANYAK GAN ,.. SEMOGA MENJADI BERKAH..... شكرا كثيرا ياأخي

    ReplyDelete
  5. Min tolong bantu kok pas di restart komputer tetap masih ada notepad nya dan juga pada regedit muncul lagi file yg tlah saya hapus. Mohon dibantu

    ReplyDelete
  6. Min tolong bantu kok pas di restart komputer tetap masih ada notepad nya dan juga pada regedit muncul lagi file yg tlah saya hapus. Mohon dibantu

    ReplyDelete
  7. Makasih gan, barusan saya praktekin, dan berhasil, sangat membantu

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel