-->

Solusi Gagal update via OTA Asus Zenfone terbaru | 100% Work

Hallo sobat wd-kira, kali ini wd-kira akan berbagi sebuah tips untuk mengatasi gagalnya update via OTA (over the air) atau yang biasa disebut dengan update otomatis. Bagi sobat wd-kira pengguna Asus Zenfone yang masih menggunakan Firmware android versi JellyBean dan ingin melakukan upgrade ke versi Kitkat caranya sangat mudah. Sobat hanya perlu membuka menu setting/pengaturan, lalu masuk ke menu About, kemudian pilih System update dan sentuh tombol Check Update, dengan cara ini maka Smartphone Asus Zenfone milik sobat akan melakukan pengecekan ke server asus untuk memeriksa versi firmware terbaru. proses update tersebut adalah proses update yang biasa disebut dengan update OTA.

Namun yang menjadi permasalahan bagi kebanyakan pengguna android zenfone adalah gagalnya update OTA sehingga mengharuskan kita untuk melakukan update secara manual dengan mendownload patch firmware kemudian menginstallnya dengan cara menaruh firmware tersebut ke memori internal, lalu merenamenya dengan nama tertentu. tapi cara kedua ini juga masih banayak yang gagal.

Setelah wd-kira telusuri, ternyata masih ada cara lain untuk melakukan update dari Versi Jelly bean

ke kitkat yang ternyata bisa 100% work dan bekerja dengan baik. Cara ini bisa kita lakukan dengan cara Update melalui ADB sideload. Buat sobat wd-kira pengguna Android yang belum pernah melakukan Flashing melalui ADB Sideload, sobat tidak perlu hawatir, karena menurut wd-kira cara ini sangat aman.

Nah Buat sobat yang sudah tidak sabar ingin segera update ke versi kitkat, sekarang amari kita praktek ya. Silahkan sobat simak tutorialnya berikut, namun Sebelum melakukan Update ke Android versi Kitkat, kita harus mengumpulkan bahan-bahanya terlebih dahulu, silahkan download dulu bahan-bahan yang kita perlukan.

Cara Upgrade Asus Zenfone Jellybean ke Kitkat

Bahan-Bahan Untuk Update dari Android JellyBean ke Kitkat
Note : Untuk firmware ini, kita harus mendownload versi diatas firmware yang telah terpasang pada Smartphone kita. Misalkan yang terpasang pada Smartphone kita adalah versi 1,17.40.16, maka kita harus mendownload Firmware yang versi 1.18.40.9 lalu versi 1.18.40.10 lalu versi kitkat 2.19.40.18 dan seterusnya.
Jangan lupa perhatikan juga Versi SKU milik sobat, jika milik sobat versi SKU WW maka download yang memiliki SKU WW juga.
Disini WD-Kira akan memberikan contoh upgrade dari firmware jellybean 1.17.40.16 ke Kitkat dengan SKU WW
Langkah-Langkah Update Jellybean ke Kitkat melalui ADB Sideload

  • Silahkan Install Driver intel yang telah kalian download tadi (Install pada komputer).
  • Ekstrak file ADB Fastboot yang telah kalian downlaod di komputer.
  • Ekstrak satu kali file Firmware yang telah kalian download UL_ASUS_T00F_WW_1_18_40_9.zip hingga menjadi UL-ASUS_T00F-WW-1.18.40.9-user.zip
  • Pindahkan file "UL-ASUS_T00F-WW-1.18.40.9-user.zip" ke Folder ADB Fastboot.
  • Ulangi langkah-langkah yang saya tandai dengan tulisan warna merah tersebut untuk semua versi Firmware.
  • Selanjutnya matikan Smartphone ASUS Zenfone, dan masuk ke Droidboot dengan menekan kombinasi tombol Power + Tombol Volume UP. Tekan dan tahan bersamaan hingga muncul menu DroidBoot.
  • Pada Droid Boot Tersebut silahkan sobat pilih Recovery. Biarkan hingga muncul gambar robot hijau tumbang kemudian tekan dan tahan tombol Volume Down, lalu tekan dan segera lepas tombol Voleume UP. lalu pilih Update from ADB
  • Selanjutnya hubungkan Smartphone milik sobat ke komputer dengan kabel data yang tersedia.
  • Selanjutnya pada keyboard komputer silahkan Tekan dan tahan tombol Shift lalu klik kanan pada filder ADB Fastboot dan pilih Open Command Window Here
  • Setelah itu maka muncul halaman Command Prompt dengan warna hitam kan ?
  • Pada halaman tersebut silahkan ketik perintah 
"adb sideload UL-ASUS_T00F-WW-1.18.40.9-user.zip" (tanpa tanda kutip) lalu tekan ENTER

  • Selanjutnya maka proses transfer data akan berjalan, silahkan tunggu hingga proses selesai 100% dan smartphone asus zenfone akan secara otomatis melakukan installasi.
  • Jika proses installasi pada smartphone telah selesai, silahkan Reboot.
  • Sekarang silahkan lihat versi pada smartphone milik sobat, jika langkah-langkah ini berhasil maka versi pada smartphone akan berubah dari 1.17.40 16 menjadi 1.18.40.9
  • Selanjutnya silahkan ulangi langkah-langkah diatas namun dengan firmware selanjutnya (Diatas versi yang telah terinstall pada Smartphone). Hingga ke versi KITKAT.
Demikian sedikit tips untuk melakukan update Firmware asus Zenfone malalui adb sideload, yang merupakan sebuah solusi atau alternatif buat sobat yang tidak dapat melakukan update otomatis (OTA). Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

4 Responses to "Solusi Gagal update via OTA Asus Zenfone terbaru | 100% Work "

  1. kang di command prompt nya waktu saya tulis "adb sideload UL-ASUS_T00F-WW-1.18.40.9-user.zip" kok di bilang "cannot read 'UL-ASUS_T00F-WW-1.18.40.9-user.zip" itu ya...? mohon bimbingan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan perintah yang sobat masukkan pada command prompt tidak menggunakan tanda kutip (" ")

      Delete
  2. Maaf nie mas, memang kalo update otomatis selalu gagal masalahnya apa ya, soalnya saya dah pake wi-fi di rumah, download nya berhasil, pas diinstal error, oh iya, itu kalo diupdate manual seperti diatas resikonya kalo gagal data bisa hilang dan hp mati total ya mas,..... mohon pencerahan ... thx

    ReplyDelete
  3. gimana caranya untuk zenfone 6? apa sama caranya?

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel